• kompressupj

Wakil Wali Kota Solo Positif Covid-19 Setelah dari Istana, Jokowi Lakukan Tes Swab


Sumber foto : cnbcindonesia.com


Hari Kamis, 16 Juli 2020 Achmad Purnomo datang ke Istana dan dikabarkan positif Covid-19 setelah itu. Istana Kepresidenan telah menetapkan protokol yang lebih ketat, sampai mengurangi jumlah orang yang dapat hadir dan menemui Presiden Joko Widodo. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus Covid-19 di lingkungan Istana. Achmad Purnomo dikabarkan positif terkena virus Covid-19, meski pada awalnya, hasil tes swab dari PCR menyatakan hasilnya abu-abu. Oleh karena itu beliau masih dapat mendatangi Istana Presiden, walaupun ia sudah menjalani tes yang kedua. Namun hasil tes kedua baru keluar setelah beliau selesai mengunjungi Istana Presiden, dan tidak diduga, hasilnya beliau positif terkena virus Covid-19.

Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), menjelaskan bahwa selama pandemi ini jumlah orang yang hadir untuk tatap muka dengan Presiden Joko Widodo telah dikurangkan. Walau begitu, tidak menjadi penghalang untuk intensitas kinerja Presiden Joko Widodo. Dengan adanya kasus ini, jumlahnya akan lebih dikurangi. Beliau memastikan bahwa protokol yang berlaku selama pandemi di Istana akan berlangsung sangat ketat.


Protokol yang harus dipenuhi jika ingin berkunjung ke Istana adalah harus melakukan rapid test, wajib menggunakan masker, dan menjaga jarak satu sama lain. Dalam Istana juga dilakukan sterilisasi ruangan secara berkala. Ruangan Presiden yang sudah steril tidak boleh dimasuki sebelum digunakan oleh Presiden Joko Widodo, baru setelah itu ruangan akan disterilkan kembali dengan sinar ultraviolet.


Seluruh perangkat yang ada di dalam Istana juga selalu dibersihkan setiap hari. Semua anggota keluarga Presiden Joko Widodo juga memiliki jadwal pemeriksaan kesehatan secara rutin. Heru Budi Hartono juga menegaskan bahwa seluruh keluarga Presiden mendapat perlakuan yang sama dan pengamatan kesehatannya sudah dilakukan secara maksimal. Dalam Istana pun, kursi dan tata letak meja sudah diubah sehingga terdapat jarak antara satu dengan yang lainnya.

Mendengar kasus tersebut, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga segera melakukan tes swab virus Covid-19. Tes tersebut dilakukan pada hari Jumat, 25 Juli 2020, sesuai dengan jadwal rutin pemeriksaan kesehatan Presiden. Hasil tes menyebutkan Presiden dan Ibu Negara negatif dari virus Covid-19. Presiden menyebutkan bahwa kondisinya saat ini masih dalam keadaan prima. Beliau juga masih senang berolahraga agar tubuhnya tetap sehat dan imunitas tubuhnya terjaga.

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan para masyarakat agar tetap mematuhi protokol yang berlaku agar tercegah dari virus Covid-19. Masyarakat dianjurkan untuk berolahraga secara rutin, memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun, dan juga menjaga jarak serta memghindari kerumunan. Mematuhi protokol yang berlaku sangat membantu menghindari penyebaran dan mempercepat penanganan virus Covid-19.

Bersama-sama kita semua dapat memerangi pandemi ini, apabila kita semua kuat dan taat pada protokol kesehatan yang berlaku. Meskipun sudah diberi keringanan dengan adanya "New Normal", kita tetap harus mentaati protokol kesehatan ya, Komunikan.


Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

2 views0 comments