• kompressupj

Virtual Choir: Semangat NAKES, Lagu Ini Untukmu



Sekarang ini sudah tidak asing lagi bagi kita mengikuti ajakan bernyanyi bersama tanpa tatap muka dan hasilnya menunjukkan kompilasi wajah dan potongan bait secara bergantian. Virtual choir adalah bentuk paduan suara tanpa tatap muka untuk membentuk suatu harmoni. Pada konsep virtual choir, penyanyi diminta merekam suara mereka di rumah masing-masing, kemudian digabungkan dan diselaraskan dalam satu video.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) paduan suara UPJ mempersembahkan cover lagu “Semua kan Berlalu”, bentuk dukungan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menangani virus Covid-19.

Lagu “Semua kan Berlalu” dirilis oleh artis Indonesia bernama Prilly Latuconsina pada 12 April 2020 lalu. Lagu ini hasil kolaborasi dari 50 tokoh influencer di Indonesia mulai dari anak bangsa, youtuber, musisi, selebgram, penulis, gamers, komedian, presenter, entrepreneur, motivator dan polwan.

Tujuan Prilly Latuconsina membuat lagu ini sebagai karya yang dipersembahkan untuk tenaga medis yang sedang berjuang di luar sana yang menjadi benteng terakhir untuk bangsa. Para pahlawan keluarga pun juga harus tetap bekerja dan masyarakat semua yang tetap berada di rumah saja melawan virus Covid-19.

Virtual choir ini menjadi project pertama yang dibawakan oleh UKM UPJ Choir. Video cover ini telah diunggah di Instagram TV @Upj_bintaro dan di Youtube Sisilia Uli, mendapat banyak antusiasme dari mahasiswa UPJ.

“Jadi awalnya virtual UPJ choir ini disarankan oleh anggota sekaligus pengurus UPJ Choir yang bernama Ani, prosesnya semua anggota bernyanyi masing-masing di rumah lalu lagu tersebut digabungkan,” ujar Cindy Renesia, salah satu anggota UKM UPJ Choir.

Adanya virtual choir menandakan bahwa kreativitas itu tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Kita sebagai mahasiswa harus bisa memberikan inspirasi dan terus berkarya agar menjadi generasi penerus bangsa Indonesia yang baik. Meskipun saat ini sudah memasuki era “New Normal”, kita harus tetap semangat berkarya di era pandemi.


Lirik:

Kukirimkan doa terbaik untuknya

Yang telah berjuang tanpa Lelah untuk mereka

Kubangga dengan kamu yang di rumah saja

Doakan mereka agar selalu terjaga

Mungkin berat

Hadapi semua ini

Tapi semua

Bukanlah maunya kita

Bersabarlah

Badai kan berlalu

Tersenyumlah

Semua akan indah

Kukirimkan doa terbaik untuknya

Yang telah berjuang tanpa lelah untuk mereka

Kubangga dengan kamu yang di rumah saja

Doakan mereka agar selalu terjaga

Puisi:

Wahai tenaga medis

Kami tahu setelah kau obati pasienmu

Kamu tak dapat langsung memeluk keluargamu

Kadang kamu terusir dari kehidupan nyata

Demi mengobati orang

Yang bahkan tidak kamu kenali

Teruntuk kamu yang harus keluar untuk menafkahi keluargamu

Doa kami menyertaimu

Doa teruntuk kamu yang di rumah, tetaplah di rumah

Tebarkan cinta dan kasih sayang pada keluargamu

Hingga esok ibu pertiwi tersenyum lagi


Terima kasih tenaga medis atas dedikasi, pengorbanan dan risiko dalam melawan virus Covid-19. Meskipun memikul beban berat, kami berharap semangatmu jangan pernah padam karena semangat tenaga medis merupakan sinyal harapan bagi masyarakat Indonesia. Semoga cover lagu “Semua kan Berlalu” dari UKM UPJ dapat menghibur para tenaga medis dalam menyelamatkan nyawa korban Covid-19.


Penulis: Annisya Ristifani

Editor: Faliha ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

28 views0 comments

Recent Posts

See All
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com