• kompressupj

Viral Pemilihan Ulang Ketua OSIS Timbulkan Asumsi SARA, Apa Kata Pihak Sekolah?


Sumber: smpn16pkl



Pemilihan ketua OSIS SMA 6 Depok untuk periode 2020-2021 mengalami masalah sehingga menimbulkan banyak asumsi dari warganet. Masalah ini menjadi viral di media sosial akibat akun bernama Donny Dhirgantoro menyebarkan bukti screenshot chat, ia membantu seorang siswa yang ingin informasinya disebarluaskan agar mendapatkan keadilan.


Salah satu kandidat berinisial E mengundurkan diri, karena menurutnya ada perbedaan prinsip dalam pemilihan calon Ketua Osis. Setelah memberikan pernyataan pengunduran diri, beberapa pendukung E sangat menyayangkan keputusannya. Maka dari itu, salah satu pendukungnya meminta bantuan untuk disebarluaskan kasus ini. Berikut pernyataan pengunduran diri dari calon ketua osis (E).


Tidak sedikit opini negatif dari warganet pada kasus ini. Bukti screenshot yang beredar di media sosial menyudutkan pihak sekolah mengenai adanya unsur SARA, dikarenakan kandidat E beragama non muslim. Pihak SMA 6 Depok lantas memberikan penjelasan terkait hal tersebut.


Abdul Fatah sebagai Kepala Sekolah menjelaskan bahwa ada kesalahan sistem yang mengakibatkan perlu pemungutan suara ulang.


"Nah dalam pelaksanaan pemilihan itu, ternyata ada suatu kesalahan anak-anak itu ya, anak-anak sekolah, itu kan aplikasi yang dipakai secara online pemilihan ternyata tidak diuji coba dulu, ada kebocoran atau apa gitu, kemudian si operatornya itu juga di hari pelaksaanaan, artinya operator juga tidak tau seperti apa, pasti kan ada kekurangan juga persiapannya,” kata Fatah, dikutip detik.com pada Jumat (13/11/2020).





Penulis: Ridha Lutfia Cahyani

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

17 views0 comments

Recent Posts

See All
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com