• kompressupj

UPJ SEBAGAI SALAH SATU UNIVERSITAS PENERIMA HIBAH ERASMUS + GRANT




Sumber: Intagram Ilkom_UPJ



Warga UPJ, rasanya kita patut berbahagia, bagaimana tidak ? UPJ telah menjadi salah satu dari 5 universitas di Indonesia yang menerima hibah dari Erasmus+ Grant. Dalam hibah tersebut, terdapat 8 universitas yang terlibat, di mana ada 3 universitas yang berasal dari Eropa dan 5 universitas berasal dari Indonesia, salah satunya UPJ.


Hibah itu sendiri bermula ketika data resmi menunjukkan bahwa masalah food waste/ budaya atau pemborosan makanan di Indonesia sangat tinggi hingga pada akhirnya membuat Indonesia, negara tercinta ini, menjadi food waster kedua di dunia. Dengan adanya data tersebut, rasanya kita patutlah berprihatin, apalagi kita sebagai Mahasiswa dan masyarakat yang terdidik memiliki visi, misi dan tanggung jawab besar dalam mengupayakan perubahan dan kemajuan lingkungan yang lebih baik, salah satunya adalah dalam menanggulangi persoalan ini.


Dalam hal ini,semua harus dimulai dari dunia pendidikan agar ada keperluan dalam mengubah kurikulum di 5 kampus di Indonesia tentang Food waste. Hal ini perlu dilakukan agar bisa diketahui apa saja yang wajib diubah dalam kurikulum dan hal dapat ditelaah dengan diadakannya FGD. FGD ini sendiri dilakukan dengan cara tiap perwakilan masing-masing kampus diwawancarai oleg pihak kampus dari Eropa. FGD ini dilakukan selama dua hari, yakni hari senin dengan perwakilan Mahasiswa yang berasal dari angkatan 2018 yaitu, Iftikareen, Prisca, dan Ade sampai dengan hari Rabu, Ibu Naurissa Biasini dan Ibu Maya Rachmawaty, selaku dosen UPJ, turut berpartisipasi dalam agenda tersebut dengan diwawancarai oleh pihak kampus dari Eropa.


Event seminar internasional seperti ini tentunya sangatlah berguna bagi kita untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memperkaya wawasan kita dalam memahami persoalan internasional dari literasi berbagai tokoh dengan latar belakang yang berbeda. Seminar ini juga menjadi nilai unggul bagi Universitas Pebangunan Jaya dalam meningkatkan kualitasnya serta langkah awal untuk menjadi Universitas yang go internasional.


Penulis : M.Mansya Jannata, Matthew Syallom Mikael, Adya Paramita Putri, Alvin Suriawan

Editor: Avifah Yuthika

Approved by : Naurissa Biasini

1 view0 comments