• kompressupj

UPJ Gelar Wisuda Drive-Thru Kala Pandemi


Sumber: Dokumentasi Kompress



Wisuda adalah hal yang paling dinantikan oleh semua mahasiswa. Namun, tahun ini wisuda terpaksa dilakukan secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19. Bahkan, di beberapa kampus wisuda diundur, dilaksanakan secara online, atau ditiadakan.

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) melaksanakan wisuda tahun ini dengan sistem Drive-Thru. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 rangkaian acara. Acara pertama yaitu Pra Wisuda yang sudah dilaksanakan tanggal 13 Agustus 2020. Acara kedua yaitu Pelepasan dan Pelantikan Wisudawan pada tanggal 5 September 2020 dan yang terakhir Pasca Wisuda yaitu proses di mana para wisudawan menerima Ijazah, Souvenir dan Buku Wisuda.

Tema wisuda tahun ini adalah “Muda Unggul dan Berkarakter”. Alasan memilih tema tersebut dilatarbelakangi profil wisudawan yang berusia rata-rata 18 hingga 21 tahun, termasuk ke dalam karakteristik usia dewasa muda. Unggul karena UPJ mempunyai nilai-nilai unggul yang mendampingi para mahasiswa di bidang akademik dan non akademik. Tidak hanya memiliki ijazah dan juga transkrip, tetapi memiliki karakter unggul pada program JSDP dan KOTA.

Menurut Ibu Safitri Jaya, Ketua Panitia Wisuda Tahun 2020, tahun ini UPJ meluluskan 307 wisudawan yang di antaranya 159 dari Fakultas Humaniora & Bisnis dan 148 dari Fakultas Teknologi & Desain.

“Jangan putus aktivitas setelah melakukan studi di UPJ, lanjutkan cita-cita Anda. Barangkali ada yang memang langsung ingin terjun ke dunia kerja silakan, jangan tunggu-tunggu lagi. Segera share CV-CV terbaik Anda ke industri-industri terbaik, bagi mereka yang ingin meneruskan di bidang entrepreneur silakan lanjut. Atau bagi kalian yang ingin meneruskan seperti-seperti kami ya yang ada di UPJ gitu ya, ingin lanjutkan studi di S2, S3 yuk jangan tunggu-tunggu. Jangan pernah menunda sesuatu yang baik, selagi itu bisa dikerjakan dengan sedini mungkin ayo kerjakan!”, pesan Ibu Safitri untuk para wisudawan (14/08/2020).

Nadya Rahma, Wisudawati Ilmu Komunikasi 2016

Salah satu wisudawati dari program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2016, Nadya Rahma berhasil mendapatkan penghargaan sebagai peraih IPK tertinggi, gelar cumlaude serta terpilih sebagai mahasiswi dengan poin JSDP tertinggi.

“Perasaan aku dapetin perhargaan ini adalah yang pastinya seneng ya bangga, bisa membahagiakan orang tua juga, orang tua juga bangga, temen-temen bangga,” ungkap Nadya.

Menurut Nadya, menjalankan wisuda Drive-Thru di tengah pandemi Covid-19 ini adalah solusi yang tepat. Nadya bersyukur masih bisa mendapatkan kesempatan foto dengan rektor, dekan, dan yang lainnya tidak hanya online saja. Kesan Nadya selama kuliah di UPJ adalah ia merasa senang karena UPJ selalu mendorong mahasiswanya untuk berprestasi, baik dari para dosen, teman-teman serta lingkungannya pun juga mendukung mahasiswa untuk selalu berprestasi.

“Semoga terus mendorong mahasiswanya untuk berprestasi lagi, baik di internal maupun eksternal sehingga dapat bersaing dengan universitas lainnya. Terus untuk teman-teman yang belum lulus, adik tingkat semoga ke depannya dilancarkan semua urusannya sampai nantinya bisa memakai baju toga ini,” ujarnya lebih lanjut.

Nadya juga membagikan beberapa tips untuk teman-teman serta adik tingkatnya agar bisa mendapatkan prestasi cumlaude dan poin JSDP tertinggi, yaitu selalu mengikuti pelajaran saat di kelas, mengerjakan tugas-tugas, harus selalu berusaha di bidang akademik seperti memiliki target nilai untuk setiap mata kuliah minimal mendapatkan B.

Untuk mendapatkan poin JSDP tertinggi bisa dengan cara selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan selama di kampus seperti menjadi panitia di berbagai kegiatan kampus, baik kegiatan himpunan, program studi ataupun kegiatan lainnya yaitu UKM dan lain sebagainya. Bisa juga dengan kegiatan magang atau project yang telah kita lakukan.




Penulis: Frizka Lenka Tantra

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

38 views0 comments