• kompressupj

UPJ Bantu Calon Mahasiswa Baru Kenali Potensi Diri




Tahun ajaran baru telah dimulai sejak 13 Juli 2020 kemarin untuk anak sekolah. Pemerintah memutuskan tahun ajaran baru 2020/2021 tetap dimulai walaupun dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Kebijakan itu berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani bersama Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, serta Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19.

Tahun ajaran baru bagi perguruan tinggi akan dimulai sebentar lagi, terutama bagi mahasiswa/i di Universitas Pembangunan Jaya Bintaro yang akan memulai tahun ajaran baru pada bulan Agustus mendatang. Penerimaan mahasiswa baru pun telah dibuka. Banyak calon mahasiswa yang masih bingung memilih perguruan tinggi, terutama mereka yang tidak diterima di PTN. Tambahan lagi, pandemi menyebabkan terbatasnya ruang bagi calon mahasiswa untuk mengetahui lebih mengenai perguruan tinggi pilihan mereka.

Berkaitan dengan hal tersebut, Universitas Pembangunan Jaya menghadirkan acara “Student Gathering” yang ditujukan untuk menjalin kedekatan dengan calon mahasiswa baru yang masih bingung dalam memilih jurusan dan menentukan minat bakat mereka.

Acara tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Juli 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dengan tema “Kenali Potensi Diri Raih Beasiswa Kuliah!". Melalui acara tersebut UPJ ingin membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa menentukan minat bakat mereka yang akan berguna untuk pilihan jurusan kuliah mereka nantinya. Para siswa/siswi SMA dapat mengikuti acara tersebut tanpa dipungut biaya.

“Student Gathering” tersebut menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Psikolog Klinis Dewasa sekaligus Dosen Psikologi di UPJ, Jane Luvena dan Kepala Prodi Ilmu Komunikasi UPJ, Naurissa Biasini yang diharapkan dapat memberikan solusi bagi para peserta. Banyak topik yang dibahas dalam talkshow tersebut, salah satunya berkaitan dengan pentingnya minat dalam memilih jurusan.

“Kalau dari saya minat itu lebih penting karena kalau bakat bisa diasah," ujar Kak Bias ketika diwawancarai oleh KOMPRESS.

Topik lain yang dibahas dalam talkshow tersebut terkait beasiswa yang menghadirkan para mahasiswa penerima beasiswa 100% di UPJ, Vahlevi Muzzafar dan Patricia sebagai testimoni yang disambut baik oleh para peserta yang juga tertarik untuk bisa mendapatkannya.

“Antusias audience sangat baik dalam acara kemarin, mereka sangat aktif memberikan pertanyaan terkait beasiswa," ujar Sucy, Marketing di UPJ.

Acara ditutup dengan tur kampus yang dilaksanakan secara virtual oleh Budi Darmawan yang merupakan salah satu mahasiswa berprestasi di Universitas Pembangunan Jaya angkatan 2016 sekaligus Kang Kabupaten Tangerang 2019. Tur kampus tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran kepada para calon mahasiswa baru mengenai bagaimana kondisi atau tampilan gedung maupun ruangan dari UPJ, karena pandemi mereka tidak dapat melihatnya secara langsung.

UPJ sendiri memang memiliki beasiswa baik akademik maupun non akademik bagi para mahasiswa. Terdapat beasiswa internal UPJ dan dari lembaga eksternal partner UPJ untuk beasiswa baru yang akan berkuliah di UPJ maupun mahasiswa UPJ yang tengah berkuliah.

Penulis: Sitta Fauziah

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

26 views0 comments