• kompressupj

Tips Sebelum Berpergian Jauh



Setelah beberapa tahun dunia dilanda pandemic Covid-19 akhirnya perlahan-lahan umat manusia mulai bangkit kembali dan mulai menghasilkan cara untuk menangani penyebaran virus lebih jauh lagi. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan vaksin secara masal kepada seluruh masyarakat. Hal ini akhirnya membuat beberapa negara yang telah mendapatkan vaksinasi akhirnya membuka kembali gerbang negara mereka untuk dapat kembali menerima imigran, pelancong dan juga orang-orang yang ingin berpergian dari dalam ke luar negri. Hal ini tentunya masih sangat rawan untuk anda lakukan. Mengingat tidak semua negara telah aman dari penyebaran lebih Covid-19. Namun tentunya ada beberapa kewajiban yang anda harus lakukan di luar negri seperti yang memang harus bekerja di luar negri atau sekedar kembali ke rumah anda berasal.

Dengan begini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dengan seksama pada saat anda bepergian keluar rumah. Bukan hanya sebagai keamanan anda saja namun hal ini dapat membuat anda merasa lebih aman dan tenang pada saat berpergian yang jauh. Keamanan dan Kesehatan

  1. Check-in dengan dokter dan operator asuransi anda. Periksa kembali dan pastikan bahwa anda memiliki semua vaksinasi yang tepat dan bahwa anda telah memperbarui semua resep penting. Juga, tanyakan kepada anda penyedia asuransi kesehatan jika tatanan hukum anda berlaku di luar negeri untuk keadaan darurat. Jika tidak, dan anda ingin menambahkan cakupan tambahan, pertimbangkan asuransi tambahan yang dapat anda ambil

  2. Bawa salinan paspor anda. Jika paspor anda dicuri atau hilang, anda ingin memastikan bahwa anda masih dapat kembali ke negara tersebut, atau dapat membuktikan kewarganegaraan anda.

  3. Tinggalkan salinan paspor anda. Untuk cadangan tambahan, tinggalkan salinan paspor anda di rumah atau dengan seseorang yang anda percayai. Pertimbangkan untuk membuat salinan elektronik yang dapat anda simpan di akun email anda juga..

  4. Daftar dengan kedutaan anda. Jika ada masalah di negara ini, ini akan memudahkan pemerintah anda untuk menghubungi anda dan membawa anda ke tempat yang aman.

  5. Cari konversi moneter sebelum anda pergi. Mengetahui bahwa satu Krone Denmark sama dengan hanya 19 sen adalah sebuah kejutan buruk. Pastikan anda melakukan matematika sebelum bepergian untuk memastikan dimana tingkat konversi saat itu berada.

  6. Pastikan kartu kredit anda akan berfungsi di negara yang anda kunjungi. Bank-bank Eropa telah beralih hampir sepenuhnya ke teknologi chip-and-PIN yang lebih aman, dan lebih sedikit bisnis di luar negeri yang menerima kartu strip magnetik yang ketinggalan zaman.

  7. Pergi ke bank atau ATM di negara yang anda kunjungi. Pusat konversi di bandara atau di sekitar kota cenderung menjadi rip-off terbesar. Anda tidak akan dikenakan biaya sebanyak di ATM atau bank, dan konversi akan tepat.

  8. Selalu memiliki uang tunai lokal. Tidak setiap tempat mengambil kartu kredit. Terutama tempat-tempat penting seperti kereta api atau bus.

  9. Hubungi bank atau penyedia kartu kredit anda. Terkadang bank berpikir bahwa penipuan mungkin terjadi jika transaksi tiba-tiba terjadi di Bali ketika anda berasal dari singapura misalnya, dan mereka akan mematikan kartu anda sebagai langkah keamanan.

  10. Periksa biaya masuk / keluar negara. Beberapa negara mengharuskan pelancong membayar untuk masuk atau meninggalkan negara itu. Biaya ini tidak termasuk dalam harga tiket pesawat anda, dan dapat berkisar dari $ 25 hingga $ 200 atau dalam mata uang Indonesia sektar Rp.400.000 sampai dengan Rp.5.000.000 juta rupiah.

Penulis: Gufron Ghifari L

Editor: Naurissa Biasini

13 views0 comments

Recent Posts

See All