• kompressupj

Tips Aman Menginap di Hotel Selama "New Normal"



Kenyamanan, kesehatan, serta keselamatan masyarakat adalah hal yang utama. Walaupun sudah masuk ke dalam era "New Normal", tetapi kita tetap harus menjalankan beberapa protokol yang telah diatur oleh pemerintah. Sekarang fasilitas umum sudah hampir sepenuhnya kembali beroperasi, seperti kendaraan umum, tempat wisata, mall, bahkan tempat penginapan. Akses untuk ke luar kota pun sudah dibebaskan tanpa harus ada surat keterangan seperti sebelumnya.


Oleh karena itu, untuk tetap menekan angka korban positif virus Covid-19, harus tetap ada aturan dan protokol yang dijalankan saat berada di tempat umum. Beberapa di antara kalian pasti sudah tidak sabar untuk liburan, atau bahkan sudah liburan di era "New Normal" ini.


Berikut ada tips untuk Komunikan saat sedang berlibur dan menginap di penginapan atau hotel agar tetap nyaman dan sehat, terhindar dari virus Covid-19. 


Pertama, patuhi pedoman saat menginap di hotel, dimulai dari pengecekan suhu tubuh saat akan memasuki area penginapan. Suhu tubuh harus di bawah 37,7 derajat celcius, jika lebih maka harus mengecek kesehatan di rumah sakit terdekat dan dilarang masuk ke daerah penginapan. Kemudian, pengunjung harus menggunakan masker, melakukan social distancing dengan tamu lainnya, dan juga menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan saat check-in.

 

Lalu, saat sudah masuk ke dalam kamar pastikan kepada petugas kebersihan hotel, apakah kamar sudah disemprot disinfektan. Jika belum, minta petugas untuk segera menyemprot disinfektan di kamar yang akan kalian tempati. Segera cuci tangan ketika sampai di dalam kamar. Hindari juga duduk atau tidur di tempat tidur dengan pakaian yang telah kalian pakai di luar kamar. Gunakan baju bersih agar lingkungan kamar kalian tetap bersih dan steril.


Untuk restoran yang berada dalam hotel, akan ada beberapa hotel yang beroperasi secara normal. Namun tetap disarankan untuk melakukan pemesanan makanan yang diantar langsung ke dalam kamar hotel, untuk menghindari kerumunan dan berada di tempat yang sama dengan orang asing terlalu lama. 


Selama menginap, hindari juga untuk bertemu dengan banyak orang, baik di dalam kamar ataupun di luar kamar. Saat menggunakan lift hindari terlalu berdempetan dengan orang lain, terlebih lagi orang asing. Patuhi maksimal penggunaan orang dalam lift, dan hindari menekan tombol lift dengan tangan kosong. Disarankan jika tidak ada petugas yang menekan tombol, gunakan siku atau alasi tangan dengan tisu.


Dilansir dari finance.detik.com, Maulana Yusran, Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebutkan bahwa ada beberapa strategi pengelolaan hotel yang dilakukan selama era "New Normal".


Utamanya adalah penerapan menjaga kebersihan dan kesehatan bagi karyawan hotel, yaitu dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki kawasan hotel, kemudian mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, serta memaki masker. Lalu, menjaga kebersihan fasilitas serta barang-barang yang masuk ke dalam hotel, dan memastikan kesehatan pengunjung. 


Mari patuhi aturan atau protokol kesehatan yang berlaku selama "New Normal", karena jika taat dengan protokol kesehatan, kalian telah menjaga diri sendiri dan juga orang lain dari serangan virus Covid-19. Meskipun sedang berlibur dan bersenang-senang, jangan lupa dengan kewajiban kita untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain.





Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

7 views0 comments