• kompressupj

Telkom Group Resmi Cabut Blokir Netflix


Sumber: Unsplash


Telkom Group resmi mencabut blokir pada Netflix pada hari Selasa, 7 Juli 2020. Para pelanggan Telkom Group, mulai dari pengguna Telkomsel, Indihome dan wifi.id kini sudah dapat menikmati konten-konten yang dimiliki oleh Netflix. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Vice President Corporate Communication dari Telkom, Arif Prabowo melalui website resmi Telkom Indonesia.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan Telkom Group untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” jelas Arif dalam keterangan tersebut.

Pendekatan yang dimaksudkan adalah bahwa kini Netflix telah menunjukkan komitmennya untuk serius dapat diterima di masyarakat Indonesia melalui langkah-langkah yang dilakukannya.

Komitmen tersebut meliputi perluasan opsi kendali orang tua terhadap konten-konten yang sensitif dan konten-konten di bawah umur (parental control). Pihak Netflix juga berkomitmen untuk menyediakan mekanisme penanganan keluhan dan masukan pelanggan. Hal ini termasuk bersedia untuk mendengarkan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam kurun waktu 24 jam atau waktu yang telah ditentukan berkaitan dengan konten tayangan.

Di samping itu Netflix juga telah menyepakati perjanjian terkait dengan “Self-Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN.” Dalam perjanjian tersebut pihak Netflix menyetujui untuk tidak menayangkan konten-konten yang melanggar hak cipta, seperti konten pornografi anak, terorisme, serta melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang menjelekkan masyarakat tertentu.

Dengan adanya kesepakatan tersebut pihak Netflix berjanji akan lebih meningkatkan lagi kualitas layanan melalui ragam konten hiburan, termasuk konten lokal yang mana hal tersebut juga termasuk ke dalam salah satu syarat Telkomsel untuk membuka akses Netflix sebelumnya. Walaupun akan memperbanyak konten lokal, pihak Netflix tetap berkomitmen mengedepankan kenyamanan dan perlindungan terhadap pelanggan.

“Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkembangkan bisnis digital serta untuk terus menjaga excellent customer experience Telkom Group dengan menyediakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses konten-konten berkualitas. Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” ujar Arif lebih lanjut.

Seperti yang kita tahu bahwa Telkomsel telah memblokir akses Netflix sejak tahun 2016 silam. Karenanya, banyak pengguna jasa layanan dari Telkom Group seperti pengguna Telkomsel, Indihome, dan wifi.id yang kecewa karena mereka tidak bisa mengakses konten-konten Netflix. Netflix merupakan salah satu platform streaming yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Tidak sedikit dari para pengguna rela untuk menggunakan VPN untuk bisa mengakses layanan tersebut.

Banyak masyarakat, terutama para pengguna jaringan Telkom yang menyambut antusias kabar gembira tersebut. Salah satunya pemilik akun Twitter @auliarasyid yang selama 90 hari sebelumnya konsisten menanyakan ke Twitter Indihome dan Telkomsel kapan akan membuka blokir Netflix.

"Wait, Jonas enggak lagi main-main di timeline kita kan? PERJUANGAN EMANG TIDAK AKAN MENGKHIANATI HASIL. Akhirnya @NetflixID bisa ditonton melalui @Telkomsel dan @IndiHome (Day 91)," tulis Aulia dalam tweet-nya, Selasa 7 Juli 2020.

Tweet tersebut bahkan direspon oleh Twitter Netflix Indonesia. "Makasih Aulia yang udah nanyain tiap hari. Berita ini benar adanya. Teman-teman se-Indonesia sekarang udah bisa akses Netflix pake jaringan Telkom ya. Selamat menonton semuanya!" kicau akun resmi @NetflixID.

Balasan Twitter Netflix Indonesia itu sudah di-retweet lebih dari 8.500 kali dan disukai lebih dari 13.000 kali.


Penulis: Sitta Fauziah

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

5 views0 comments