• kompressupj

Sumbangan Daging Kurban Dibuang, Korban: Isinya Sampah!


Sumber: Edo Putra Official on Youtube



Youtube Indonesia digemparkan oleh sebuah video berjudul “Prank Bagi-bagi Daging ke Emak-emak Isinya Sampah” oleh akun Edo Putra Official. Bagai mengulang kejadian yang sama seperti Ferdian Paleka, youtuber ini melakukan prank yang melanggar etika. Video berdurasi hampir 12 menit ini berhasil ditonton oleh 778.000 orang dan mendapatkan dislike sebanyak 153.000. Kehebohan aksi prank Edo mengundang kecaman dari netizen hingga dirinya dibekuk polisi.

Memanfaatkan momen hari raya keagamaan umat muslim, Idul Adha, Edo membagikan beberapa kantung plastik berisi sampah yang berkedok daging kurban. Di awal video, terlihat Edo dan temannya menceritakan rencana untuk membagikan daging sampah ke rumah-rumah warga sambil merokok. Kemudian ia mencari tumpukan sampah dan mengaisnya. Mereka memasukkan sampah-sampah tersebut ke dalam kantung plastik berwarna hitam.

“Kelihatan seperti daging, guys. Pas dipegang keras-keras seperti tulang, guys,” ujar teman Edo sambil menunjukkan setumpuk sampah kertas dalam video (31/07/20).

Usai mengumpulkan dua kantung berisi sampah, Edo bersama temannya menggunakan motor dan mencari target. Mereka berdua berkeliling di sebuah komplek perumahan tanpa menggunakan masker. Sasaran target yang dicari adalah ibu-ibu. Dalam video terlihat ia menghampiri seorang ibu yang sedang menyapu.

Kesempatan ini ia gunakan untuk melaksanakan aksi prank-nya dan berbohong. Ia mengatakan bahwa kantung plastik itu berisi daging sekitar lima kilogram. Sang ibu yang mendengarnya sangat berterima kasih atas rezeki yang Edo berikan kepadanya. Lalu mereka berdua pergi hingga sang ibu menyadari bahwa kantung tersebut berisi sampah. Ia langsung membuangnya ke halaman rumah.

“Isinya sampah. Kurang ajar!” teriak sang ibu yang menjadi target prank Edo.

Target selanjutnya juga diperlakukan sama. Setelah kejadian tersebut, Edo kembali mendatangi rumah para korban yang marah untuk meminta maaf. Ia juga memberikan sejumlah uang untuk korban belikan daging sapi kurban yang sebenarnya. Di akhir video, Edo menyatakan bahwa prank-nya berhasil.

“Kami adalah orang-orang yang baik, guys. Kalian orang-orang yang jahat, guys. Sepuluh ribu subscribe saya makan jemb**, guys,” ujar Edo bersama temannya dalam video sambil tertawa (31/07/20).

Video viral ini mendapatkan lebih banyak dislike dibanding like hingga kecaman pedas dari netizen yang melihat adanya tanda-tanda setting-an hanya demi memperoleh perhatian publik dan menambah subscriber. Edo akhirnya diamankan oleh polisi.


Penulis: Danisa Amanda Ardianti

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Emma Aliudin

3 views0 comments