• kompressupj

Sukses di Usia 65 Tahun, Ini 5 Fakta Inspiratif Colonel Sanders Si Pendiri KFC


Sumber: koalahero.com


Saat mendengar kata ayam goreng, apa brand yang pertama kali muncul di benak Komunikan? Salah satu yang pasti muncul adalah KFC. Kentucky Fried Chicken atau biasa dikenal dengan nama KFC adalah salah satu waralaba terkemuka di dunia. KFC didirikan oleh seorang pria asal Amerika Serikat, Colonel Sanders. Di balik kesuksesan tersebu,t ternyata banyak kisah inspiratif perjalanan hidup sang pendiri restoran. Kisah seperti apa, ya? Berikut 5 fakta inspiratif Colonel Sanders dalam mendirikan KFC.



1. Mengalami Masa Kecil yang Sulit


Colonel Sanders yang memiliki nama lengkap Harlan Davis Sanders lahir di Indiana, Amerika Serikat pada tanggal 9 September 1890. Sanders adalah anak tertua dari pasangan Wibur Davis Sanders dan Margaret Ann Sanders. Sang ayah bekerja di perkebunan, sedangkan Ibunya adalah seorang ibu rumah tangga biasa yang sehari-harinya merawat Harlan dan kedua adiknya.


Masa-masa sulitnya berawal ketika ia berusia 6 tahun yang mana pada saat itu ayahnya meninggal dunia dan ibunya harus menggantikan ayahnya mencari pekerjaan demi menghidupi ketiga anaknya yang masih kecil. Karenanya, Harlan kecil harus melakukan semua pekerjaan rumah termasuk memasak dan menjaga adik-adiknya.


Saat usia Harlan menginjak 12 tahun, sang ibu memutuskan untuk menikah lagi. Namun sayang hubungan antara Harlan dengan ayah tirinya tidak baik yang menyebabkan setahun kemudian Harlan nekat pergi dari rumah dan bekerja serabutan.



2. Perjalanan Karir yang Tidak Mudah


Setelah ia memutuskan untuk pergi dari rumah, mau tidak mau ia harus bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri. Setelah lama ia bekerja serabutan, akhirnya pada tahun 1906 ia memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi tentara di Kuba, saat itu usianya menginjak 16 tahun.


Namun setahun setelahnya, ia keluar dari tentara dan kembali bekerja serabutan. Ia juga sempat membuka usaha sendiri, tetapi tidak bertahan lama. Pada tahun 1920 ia mendirikan perusahaan kapal feri yang membawanya kepada kesuksesan. Namun setelah 2 tahun menjalaninya, Harlan menjual perusahaan tersebut kepada seorang investor.


Setelah itu, ia sempat mencoba beberapa usaha seperti perusahaan listrik hingga pom bensin. Pada akhirnya ia mencoba peruntungan lain dengan mengubah pom bensin miliknya menjadi sebuah restoran sederhana bernama “Harlan Sanders Restaurant”. Dengan kemampuan memasak yang mumpuni, Harlan menyediakan aneka menu makanan, mulai dari ayam goreng hingga steak. Usaha restoran ini cukup sukses dan bertahan selama belasan tahun.



3. Lahirnya KFC


Tahun 1950 ketika usianya menginjak 60 tahun, Harlan Sanders mulai merasa bahwa usaha restorannya mengalami penurunan yang signifikan, tidak adanya peningkatan dari jumlah pelanggan yang datang. Selain itu, ia juga merasa menu yang disajikan tidak variatif dan membosankan, sehingga ia memutuskan untuk melakukan revolusi dengan menutup sementara restoran tersebut.


Ia mencoba mengembangkan resep ayam goreng tersebut dan menjadikannya usaha. Harlan menghabiskan waktu lebih dari setahun melakukan eksperimen dengan resep ayam gorengnya. Ia juga mencoba menjual kepada orang-orang dengan konsep door-to-door, bahkan ditolak oleh 1000 restoran. Pada tahun 1952, ada yang menerima resep ayam goreng tersebut dan ia pun memutuskan untuk membuka restoran khusus ayam goreng yang diberi nama Kentucky Fried Chicken atau KFC.



4. KFC dan 11 Bumbu Rahasia


Restoran ini menyajikan ayam goreng khas Colonel Sanders yang dibumbui dengan 11 bumbu rahasia. Restoran inilah yang pada akhirnya berkembang sangat pesat bahkan menjadi salah satu franchise fast food terbesar di dunia. Colonel Sanders dan KFC miliknya akhirnya berhasil sukses. Pada saat KFC sedang terkenal, usia Kolonel Sanders sudah tidak muda lagi, hampir 70 tahun.



5. Colonel Bukanlah Kolonel, Melainkan Sebuah Julukan


Colonel Sanders adalah seorang kolonel, namun bukan kolonel di angkatan militer, melainkan Colonel dalam bucket ayam goreng. Julukan Colonel diberikan oleh Commonwealth kota Kentucky sebagai bentuk penghormatan atas kesuksesan bisnis yang didirikannya pada tahun 1930-an.



5 fakta tentang hidup Colonel Sanders tersebut mengajarkan kita untuk tidak pantang menyerah meski usaha yang dibangun mengalami pasang dan surut. Bagaimana menurut Komunikan?




Penulis: Sitta Fauziah

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

6 views0 comments

Recent Posts

See All