• kompressupj

SUDUT PANDANG

Oleh: Ranan Samanya

Dosen Mata Kuliah Sustainability Development

dan Kepala Bagian Umum Universitas Pembangunan Jaya

Fotografer Profesional


Ada yang aneh dengan sivitas akademika UPJ. Setiap kali foto bersama, hampir pasti dipilih plasa bodhi. Apakah kampus ini tidak memiliki tempat menarik lain? Apakah tidak ada pojok-pojok yang menarik dan Instagramable?


Saya mengajak temans untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jika selama ini kitakebanyakan mengambil foto secara planar – dua dimensi, biasanya dari depan secara frontal, silakan dicoba mengambil dari berbagai sudut yang kurang lazim. Dari bawah, dari atas, dan dari samping. Berikut beberapa kiat untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda yang tetap manis (Foto-foto di bawah ini diambil memakai kamera yang ada di telpon genggam).


1. Untuk langkah awal, kampus UPJ bukan hanya Plasa Bodhi. Kelilingilah kampus di waktu yang berbeda agar dapat merasakan pemandangan yang berbeda.


2. Untuk mendapatkan latar belakang langit biru, ambil foto mengarah ke langit. Aktifkan fungsi HDR jika tersedia. Kemungkinan mendapatkan foto dengan langit biru lebih besar di pagi hari saat polusi udara belum mengotori langit dan mempengaruhi warna.


3. Rooftop merupakan tempat yang baik untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda. ijin untuk naik ke rooftop bisa diperoleh dari bagian Umum.



4. Senja merupakan saat yang baik untuk eksplorasi langit. Saat hari mulai gelap, aktifkan fungsi lampu kilat. Jangan lupa ada sungai di depan kampus yang menyediakan media pantulan yang sangat baik.


5. Kampus UPJ berada di lokasi yang masih cukup baik untuk menyaksikan fenomena langit merah setiap tahun. Fenomena ini dimulai sekitar September dan dapat berlangsung hingga Februari. Nah, di bulan-bulan ini siap-siap ambil foto di senja hari.


Nah, tunggu apa lagi? Selamat bereksplorasi!


Approved by: Naurissa Biasini

23 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com