• kompressupj

Staycation Jadi Pilihan Liburan Saat Pandemi


Sumber Foto : covesia.com

Dengan pandemi yang tidak kunjung berakhir ini, masyarakat pastinya sudah bosan dan lelah akibat self quarantine yang cukup lama. Walaupun sudah memasuki tahap new normal untuk di beberapa daerah, namun tetap saja, masih belum cukup aman untuk tetap beraktivitas seperti sedia kala. Oleh karena itu, untuk menghilangkan kebosanan, ada pilihan bagi kalian yang ingin merasakan liburan, namun tidak perlu untuk keluar kota, atau bahkan keluar negeri.

Pilihan tersebut adalah dengan melakukan staycation, yaitu liburan yang dilakukan di daerah tempat tinggal sendiri, atau menjadi turis di kota sendiri. Kalian bisa mengandalkan tempat hiburan, atau sekedar perjalanan ke tempat-tempat ikonik di daerah tempat kalian tinggal. 

Walaupun tidak bisa pergi ke tujuan impian di luar kota atau luar negeri, tapi ada kelebihannya loh dari staycation ini. Pertama, kamu bisa mengeksplorasi daerah tempat kamu tinggal lebih dalam, siapa tau kamu jadi bisa menemukan tempat makan favorit baru, atau spot foto favorit baru. Sehingga kamu bisa merekomendasikan tempat tersebut ke teman-teman kamu atau pasangan kamu, dan bisa pergi bersama di lain waktu. Kamu jadi punya tempat pergi baru bersama deh!

Lalu kamu juga pastinya akan lebih hemat dalam menggunakan budget liburan kamu, karena tidak memerlukan ongkos yang mahal. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dan tidak memerlukan bensin yang banyak, atau bahkan kamu bisa menggunakan kendaraan umum untuk biaya yang lebih murah. Namun tetap ya, kalau ingin menggunakan kendaraan umum, harus mentaati aturannya, agar semua tetap sehat dan aman.

Dari sisa budget yang tidak kamu gunakan, bisa kamu tabung untuk di liburan mendatang, atau bahkan bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lainnya. Seperti kamu bisa membeli barang imipian kamu, atau kamu juga bisa gunakan untuk berburu kuliner yang lezat.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah, karena dibatasinya pengunjung dari berbagai daerah atau bahkan luar negeri. Tempat wisata di dekat rumahmu pun bisa jadi akan tidak terlalu ramai seperti hari biasanya, sehingga kamu akan dapat lebih menikmati tempat wisata tersebut. Kamu juga bisa tetap menjaga jarak aman, dan tetap sehat karena tidak ramainya pengunjung di tempat wisata tujuan kamu. Karena tetap ya teman-teman, walau sedang bersenang-senang, jangan lupakan aturan kesehatan selama new normal agar terhindar dari virus Corona.

Kemudian, kalau hanya di sekitar rumah ataupun hanya di rumah, kamu dapat mengasah skill dari berbagai hobi kamu. Seperti bermain musik, memasak, atau pun melakukan hobi baru lainnya yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu juga bisa mencoba berbagai resep masakan unik dan yang gampang dibuat, resepnya pun banyak disebarkan melalui posting-an Instagram atau melalui video Tiktok. Semua sudah bisa diakses dan dipahami dengan mudah, untuk mengisi waktu luangmu di rumah.

Di balik itu semua, yang pastinya kita harus tetap mentaati protokol kesehatan, dan menjaga badan agar tetap fit, serta menjaga lingkungan yang sehat. Jika kita telah berhasil menyelesaikan masalah pandemi ini, dan bangkit dari keterpurukan, baru setelah itu kita dapat berlibur secara bebas dan sehat. Seperti yang negara China alami, mereka telah bangkit dari keterpurukan, dan semuanya telah sehat kembali. Sehingga masyarakatnya dapat merasakan liburan kembali, untuk merayakan dari keberhasilan mereka melalui pandemi virus Corona.

Penulis : Salsa F

Editor : Naurissa Biasini

23 views1 comment
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com