• kompressupj

SkinnyIndonesian24 Pamit dari Youtube



Komunikan mungkin pernah mendengar istilah “Youtube lebih dari TV”. Kata-kata itu dipopulerkan oleh Jovial da Lopez, salah satu anggota dari SkinnyIndonesian24. Frasa itu pertama kali dipopulerkan dalam lagu GGS (Ganteng-ganteng Swag) milik Young Lex yang melakukan kolaborasi lagu dengan para Youtuber Indonesia, salah satunya SkinnyIndonesian24.

Istilah “Youtube lebih dari TV” kemudian menjadi tren, karena menunjukkan kebenaran bahwa dalam Youtube semua konten sudah tersaji. Kini, TV pun masuk ke Youtube. Selain itu, dalam Youtube juga orang dapat memilah sendiri, konten apa yang ingin ditonton, ada kebebasan.

Dari situ, nama SkinnyIndonesian24 lebih banyak lagi dikenal masyarakat sebagai salah satu Youtuber Indonesia yang unik dan menarik. Sebelumnya, SkinnyIndonesian24 yang beranggotakan kakak beradik Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez sudah memiliki subscriber yang cukup banyak.

Akun Youtube mereka dimulai pada 24 Juni 2011, diawali hanya sebagai tempat untuk mengunggah video Andovi da Lopez yang senang menyanyi. Asal nama akun Youtube mereka berasal dari tubuh kurus yang dimiliki Andovi da Lopez saat itu, dan juga satu-satunya orang Indonesia yang melakukan pendidikan di salah satu universitas di India. Angka 24 diambil dari nomor punggung Kobe Bryant, karena Andovi da Lopez sangat senang bermain basket.

Setelah Andovi da Lopez selesai dengan kuliahnya di India dan kembali ke Indonesia, kakaknya, Jovial da Lopez ikut membantu mengelola Youtube yang telah dibuat. Saat itu, konten yang mereka sajikan berupa parodi kehidupan, perkuliahan, ataupun percintaan plus komedi. Dengan ketekunan yang dilakukan, sampai saat ini mereka telah mencapai 2,32 juta subscribers.

Namun pada 24 Juni 2020, mereka mengunggah video yang cukup menarik perhatian banyak orang, berjudul “Tahun Terakhir di Youtube, Maaf & Terima Kasih”. Rencananya pada 24 Juni 2021, setelah 10 tahun mereka berkarya, mereka memutuskan untuk berhenti dari Youtube.

Walaupun dalam video tersebut mereka tidak menyebutkan secara langsung alas an untuk keluar dari Youtube, masing-masing dari mereka menjelaskan alasan pribadi kenapa ingin keluar dari platform yang sudah membesarkan nama mereka.

Andovi menyebutkan bahwa alasan ia ingin keluar karena ia ingin menempuh jalannya sendiri, tetapi bukan berarti ia bermusuhan dengan Jovial. Sementara itu, Jovial menjelaskan alasannya ingin keluar dari Youtube karena sudah merasa tidak nyaman dengan sistem yang berlaku di Youtube sekarang. Ia menyebutkan bahwa penghargaan yang diberikan Youtube kepada energi dan usaha para Youtuber sudah tidak ada, tidak seperti dulu.

Jovial menyebutkan bahwa penghargaan yang diberikan Youtube hanya kepada content creators yang berprestasi dari segi kuantitas, bukan kualitas. Disebutkan juga bahwa banyak content creator yang layak dan berkualitas, malah mati tidak terlihat dan tidak diapresiasi oleh pihak Youtube.

Andovi da Lopez menyetujui pendapat kakaknya. Namun, mereka juga menegaskan bahwa itu bukan alasan sepenuhnya mereka ingin keluar dari Youtube.

Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

6 views0 comments