• kompressupj

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Dia 5 Alasan Workout Tetap Penting Dilakukan


Sumber: Luis Quintero di Unsplash

Setiap orang pasti memiliki motivasi berbeda ketika ingin melakukan sesuatu, termasuk olahraga. Sebagian orang melakukan workout karena ingin memiliki berat badan yang ideal, namun ada juga yang ingin membentuk tubuhnya menjadi lebih berotot. Terdapat banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.


Di samping karena alasan penampilan luar seperti menurunkan berat badan atau membentuk otot, kegiatan workout ini juga memiliki manfaat lainnya terutama bagi kesehatan dalam tubuh lho, Komunikan. Hal itu tidak kalah penting dengan penampilan luar kalian saja. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya!




1. Kesehatan Jangka Panjang


Terdapat jutaan proses rumit di dalam tubuh kita setiap saatnya. Salah satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Comprehensive Physiology pada tahun 2012 silam menjelaskan bahwa penyebab utama bisa terkena penyakit kronis adalah dikarenakan kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur.


Berdasarkan penyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sangat penting bagi kita untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur supaya tubuh kita terhindar dari penyakit kronis yang berbahaya, salah satunya adalah melalui workout. Latihan olahraga sangat dianjurkan untuk meminimalisir diri dari berbagai penyakit kronis berbahaya.



2. Kesehatan Mental


Tidak bisa dipungkiri kesehatan mental adalah prioritas yang sangat penting untuk dijaga oleh setiap orang. Kesehatan yang terganggu akan berpengaruh kepada kehidupan kita sebagai manusia.


Dengan rutin melakukan workout, tubuh akan memproduksi hormon-hormon seperti serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang dapat membantu mengatur suasana hati sehingga tidak mudah cemas dan depresi. Selain itu, hormon-hormon tersebut juga dapat meningkatkan energi.



3. Membantu Kesehatan Fungsi dan Memori Otak


Selain baik bagi kesehatan mental, workout secara teratur juga dapat membantu menjaga fungsi, daya ingat, serta keterampilan berpikir otak kita. Ketika melakukan workout, akan ada peningkatan dari detak jantung yang mampu membantu melancarkan aliran darah dan oksigen yang dibutuhkan oleh otak.


Rutin melakukan workout dapat mengaktifkan salah satu bagian dari otak bernama hippocampus yang berguna meningkatkan daya ingat, pembelajaran, dan tumbuh kembang. Bagian otak ini juga berperan penting dalam meningkatkan fungsi mental para lansia serta mampu mengurangi perubahan pada otak yang bisa mengakibatkan penyakit Alzheimer dan Skizofrenia.



4. Baik Untuk Kesehatan Kulit


Manfaat lainnya dari kegiatan workout adalah membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih fresh. Melakukan workout yang teratur juga membuat kulit menjadi lebih kencang dan keringat yang keluar ketika berolahraga juga bisa membuang racun di dalam tubuh dan membuat kulit kalian lebih bebas dari jerawat dan terlihat lebih bercahaya.



5. Meningkatkan Kualitas Tidur


Salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews menjelaskan workout yang dilakukan secara teratur dapat membantu kita untuk lebih rileks dan mendapatkan kualitas tidur lebih baik.


Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Mental Health and Physical Activity menemukan bahwa latihan yang dilakukan selama 150 menit per minggu dengan intensitas sedang hingga berat terbukti mampu meningkatkan kualitias tidur hingga 60%. Penelitian juga menjelaskan jika kita melakukan latihan olahraga secara teratur, hal itu sangat berguna bagi para lansia yang cenderung sulit tidur.




Itu dia lima manfaat working out. Bagaimana, Komunikan? Tetap mau jadi tim rebahan?






Penulis: Sitta Fauziah

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

5 views0 comments