• kompressupj

SCTV dan Indosiar Mendapat Dana Besar Dari Naver

Halyu wave memang sudang sangat banyak diterima di seluruh dunia. Tidak terkecuali Indonesia. Banyak sekali produk Korea Selatan yang sudah mudah ditemui di tanah air. Hal ini dikarenakan oleh adanya kerjasama yang baik antara kedua belah pihak negara. Selain negaranya ternyata banyak perusahaan yang bertanggang di Korea Selatan ikut menginfestasikan keuntungan mereka dengan bekerja sama dengan beberapa perusahaan lokal Indonesia.


Salah satunya adalah Naver, perusahaan besar di Korea Selatan yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan Indonesia seperti SCTV dan Indosiar dengan mengucurkan dana yang besar ke masing-masing perusahaan Indonesia tersebut.


Logo Perusahaan Naver. Sumber: https://logoproject.naver.com/logonaver

Namun sebelumnya pasti masih banyak yang belum mengetahui kan naver itu apa sih?. Naver adalah platform online Korea Selatan yang dioperasikan oleh Naver Corporation yang debut pada tahun 1999 sebagai portal web pertama di Korea Selatan yang mengembangkan dan menggunakan mesin pencari sendiri. Naver juga merupakan operator pertama di dunia yang memperkenalkan fitur pencarian komprehensif, yang menyusun hasil pencarian dari berbagai kategori dan menyajikannya dalam satu halaman.


Naver sejak itu telah menambahkan banyak layanan baru mulai dari fitur dasar seperti email dan berita ke platform tanya jawab online pertama di dunia Knowledge iN. Pada September 2017, mesin pencari menangani 74,7% dari semua pencarian web di Korea Selatan dan memiliki 42 juta pengguna terdaftar. Lebih dari 25 juta orang Korea memiliki Naver sebagai halaman awal di browser default mereka dan aplikasi seluler memiliki 28 juta pengunjung harian. Naver juga sering disebut sebagai 'Google Korea Selatan'.

Dengan kurun waktu yang sudah lumayan lama akhirnya naver mulai memperluas layanan yang diberikan perusahaannya dan membuka beberapa services baru. Ada 9 jenis services yang diberikan oleh naver ada Junior Nave, Naver Webtoon, Nave Café, Naver Blog, Naver TV, Knowledge IN, Naver Encyclopedia, Naver mail, Dan PRISM Liver Studio. Dengan ini kita ketahui bahwa ada beberapa anak perusahaan naver yang telah ada diindonesia. Beberapa waktu yang lalu PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, atau yang biasa orang kenal sebagai EMTEK memberikan pengumuman bahwa mereka telah mendapatkan penambahan dana atau modal tanpa hal memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) dengan saham baru.

Hal ini diketahui bahwa pada saat tersebut saham mereka dibeli oleh Never Corp dan juga beberapa perusahaan Indonesia lainnya seperti Allianz Life, Ashmore Asset Management, Manulife Aset Manajemen, Batavia Prosperindo, Elbara Perkasa, dan Syailendra Capital. Dari total keseluruhan yang mencapai 9,29 trilin rupiah dana tersebut telah dibukukan oleh EMTEK. Sekitar 150 juta dolar AS berasal dari perusahaan korea selatan NAVER.


Hal tersebut tentunya sangat menarik perhatian banyak pihak dan bertanya-tanya apa alasan di balik hal tersebut. mengingat EMTEK dan Naver merupakan perusahaan yang sama-sama bergerak di bidang teknologi dan media. Hal ini sebernarnya menjadi salah satu cara kerjasama Naver dengan perusahaan Indonesia. Apalagi seperti yang diketahui bahwa sudah ada beberapa perusahaan Naver yang beroprasi diindonesia yaitu adalah LINE, LINE Webtoon dan juga VLIVE. (GGL)


Penulis: GUFRON GHIFARI LATUCONSINA

Editor : Naurissa Biasini

7 views0 comments