• kompressupj

Regenerasi HIMAKOM Periode 2020/2021

Setiap tahunnya HIMAKOM atau himpunan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya melakukan pemilihan untuk Ketua dan Wakil Ketua HIMAKOM. Masa jabatan HIMAKOM periode 2019/2020 sudah berakhir. “Communication Election” merupakan acara regenerasi untuk periode HIMAKOM selanjutnya.


Regenerasi HIMAKOM tahun ini memiliki dua kandidat pasangan untuk calon Ketua dan Wakil Ketua HIMAKOM periode 2020/2021. Kandidat pasangan nomor urut 1, Shifa Ara Ananda sebagai calon Ketua dan Devania Putri sebagai calon Wakil Ketua HIMAKOM. Sedangkan kandidat pasangan nomor urut 2 adalah Radityo Hibatul Aziz sebagai calon Ketua dan M. Ashabul Khafi sebagai calon Wakil Ketua HIMAKOM. Kedua kandidat pasangan ini merupakan mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2018 semester 4.


Pada tanggal 5 Juni 2020 rangkaian kegiatan dari “Communication Election” telah dijalankan melalui aplikasi Zoom. Ada dua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu, debat dan voting atau pemungutan suara untuk para calon kandidat. Sebelumnya, pada tanggal 1 Juni 2020 para calon kandidat sudah melakukan kampanye melalui aplikasi Zoom. Dalam kesempatan ini, mereka memaparkan visi, misi, serta program kerja yang akan mereka laksanakan pada periode berikutnya, jika terpilih.


Sebelum melakukan voting, panitia KPU HIMAKOM mengadakan debat online yang dihadiri oleh seluruh dosen dan 81 mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ. Debat adalah rangkaian kegiatan terakhir dari “Communication Election”, di mana seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ dapat mencari tahu lebih dalam tentang pasangan kandidat pilihan mereka. Selama debat ini berlangsung, ada peraturan yang harus dijalankan.


Peraturan Debat dalam “Communication Election” Tidak diperkenankan berargumen atau memicu keributan tentang SARA.

Dilarang menghina atau menjatuhkan kandidat ataupun mahasiswa yang hadir.

Kandidat dan pendukung dilarang melakukan keributan dan mengganggu jalannya debat online.

  1. Seluruh peserta debat kandidat yang dianggap membuat keributan dan sejenisnya berhak dikeluarkan oleh moderator.

  2. Pendukung yang hadir diperkenankan untuk mengajukan pertanyaan setelah dipersilakan oleh moderator.

  3. Apabila kandidat melakukan pelanggaran dalam bentuk apapun yang telah disepakati, kandidat akan dikenakan sanksi dan/atau dikeluarkan dari pencalonan.

  4. Jika terjadi suatu hal yang tidak terduga, dengan arahan ketua HIMAKOM, moderator debat diperkenankan untuk menghentikan jalannya debat online jika diperlukan.

Arkan Faruqi, Ketua HIMAKOM Periode 2019/2020, mengatakan jalannya voting online masih belum sempurna, karena masih harus beradaptasi dengan sistem online. Setelah sebelumnya mengalami beberapa kendala, secara keseluruhan kegiatan “Communication Election” dapat berjalan dengan baik dari awal hingga akhir proses regenerasi HIMAKOM. Mekanisme Pemungutan Suara


  1. Proses pemungutan suara dilakukan secara online menggunakan Microsoft Office Forms. Sistemnya adalah dengan cara login akun email Outlook UPJ pribadi sebelum mengisi form tersebut.

  2. Dalam form pemilihan umum yang dibuat, Panitia KPU Regenerasi HIMAKOM 2020/2021 akan mengatur hanya satu akun email masing-masing mahasiswa yang dapat mengisi form. Setelah itu seluruh data akan diproses dan diakumulasikan hasilnya.

Perhitungan hasil voting yang sah, jika total pemilih ½+1 dari jumlah total mahasiswa sebanyak 486 ditambah dengan jumlah dosen sebanyak 11, jika diakumulasikan sekitar 250 suara.

Dilihat dari hasil pemungutan suara yang telah dilakukan melalui Microsoft Office Forms pada tanggal 5-6 Juni 2020 lalu, panitia KPU Regenerasi HIMAKOM mengumumkan bahwa pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua HIMAKOM 2020/2021 yang terpilih adalah pasangan nomor urut 2, Radityo Hibatul Aziz dan M. Ashabul Khafi dengan perolehan suara sebanyak 217. Sedangkan pasangan nomor urut 1, Shifa Ara Ananda dan Devania Putri, memperoleh suara sebanyak 43.

“Kalau kembali diingat dari prosesnya, dari awal pengajuan untuk menjadi calon ketua, memikirkan visi dan misi, berkampanye sampai dengan pengumuman hasil. Dari proses-proses tersebut, banyak hal yang terjadi dan membuat saya lebih banyak belajar kembali,” ujar Radityo melalui aplikasi chat Whatsapp (09/06).


“Untuk sahabat-sahabat semuanya yang telah memilih dan mempercayakan kepemimpinan HIMAKOM periode 2020/2021 kepada saya dan pasangan, saya dan rekan saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan, masukan, dan kepercayaannya kepada kami berdua. Namun, tanpa kalian semua ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung nantinya, kami berdua bukanlah siapa-siapa tanpa Anda semua. Jadi mari kita bersama-sama berusaha untuk membawa perubahan bersama,” ungkapnya lebih lanjut.


Penulis: Frizka Lenka Tantra

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

22 views2 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com