• kompressupj

Pro Kontra iPhone 12, Yakin Mau Beli?


Sumber: kumparan.com

Apple secara resmi mengeluarkan iPhone 12 pada 13 Oktober 2020, yang dilaksanakan di Apple Park dan disiarkan secara resmi melalui online. Namun selain membawa kesan excitement bagi para penggemarnya, ada juga yang merasa kecewa dan merasa sangat disayangkan karena ada beberapa hal yang tidak dimunculkan dalam seri iPhone 12 ini.


Buntutnya, iPhone 12 menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Apa saja? Yuk, kita simak.


1. Layar dan Berat

Seri iPhone 12 ini memiliki kelebihan yaitu layar sebesar 6,1 inch. Untuk iPhone 12 Pro Max bahkan sampai 6,7 inch. Semua layar sudah memakai Super Retina Display (OLED) dan juga sudah diberi kaca pelindung ceramic yang diklaim oleh pihak Apple memiliki kekuatan empat kali lebih kuat dari kaca biasa.


iPhone 12 ini juga memiliki bobot yang tidak begitu berat, sehingga terasa ringan dan nyaman digenggam. iPhone 12 mini memiliki bobot seberat 135 gram, iPhone 12 seberat 164 gram, iPhone 12 Pro seberat 189 gram, dan untuk iPhone 12 Pro Max hanya 228 gram.

2. Ketahanan Baterai

Pihak Apple tidak menjelaskan secara pasti bagaimana kapasitas baterai yang dimiliki oleh seri iPhone 12 ini, namun pihak Apple menyebutkan akan adanya kebaruan. Apple menyebutkan adanya penggunaan lithium-ion battery, yang akan membuat seri iPhone 12 memiliki ketahanan baterai yang lebih tahan lama, bahkan bisa sampai memutar video hingga belasan jam.

3. Kamera yang Unggul

iPhone memang seringkali dibanggakan karena kualitas kameranya yang tidak perlu diragukan lagi, baik untuk pengambilkan foto maupun video. Dalam iPhone 12 Pro, Apple menyebutkan akan menyuguhkan beberapa fitur yang mumpuni.


Fitur tersebut adalah Apple ProRAW, yakni fitur yang bisa menghasilkan gambar dengan RAW berkualitas tinggi, kemudian juga ditambah dengan dukungan perekaman video 4K dengan 60 fps, dan juga mode perekaman Dolby Vision HDR.


Selain itu, kamera di seri iPhone 12 memiliki sensor LiDAR Scanner, yakni pemindai yang awalnya hanya digunakan di iPad Pro 2020. Sensor tersebut memiliki kemampuan untuk memindai objek 3D dengan akurat, sehingga menghasilkan gambar yang sangat mulus.

4. Desain

Desain yang dimiliki seri iPhone 12 menghadirkan pro dan kontra di masyarakat, terlebih lagi para penggemarnya. Desain seri iPhone 12 dinilai ketinggalan zaman, bahkan desainnya mirip dengan seri iPhone 5.


Hal yang membuat desain keduanya dinilai mirip adalah bentuknya yang kotak, berbeda dengan seri iPhone 11 yang memiliki desain lebih modern dan minimalis dengan ujung yang membulat.


Namun juga tidak sedikit yang memuji desain seri iPhone 12 ini, karena dinilai lebih elegan serta pilihan warnanya yang menarik.

5. Tidak Dilengkapi Charger dan Earpods

Ini yang paling disayangkan para penggemar iPhone. Sebagai upaya mencintai dan mengurangi dampak buruk bagi lingkungan, pihak Apple memutuskan untuk tidak menjual seri iPhone 12 dengan charger dan earpods.


Hal ini tentu saja menimbulkan pro dan kontra bagi para penggemar Apple, karena berarti jika membutuhkan charger dan earpods harus membeli secara terpisah. Banyak orang menilai ini hanya bentuk dari marketing, agar para pengguna bisa membeli charger dan earpods secara terpisah.




Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

6 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com