• kompressupj

Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Melamar Pekerjaan


Sumber: unsplash.com


Setelah lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan yang bagus dan sesuai dengan minat dan bakat kita pastinya adalah hal yang diimpikan. Mempersiapkan diri dengan matang, baik dari segi keterampilan dan juga kesiapan mental adalah hal yang harus dipenuhi semua pelamar pekerjaan. Hal tersebut dilakukan agar para pelamar pekerjaan dapat bersaing dengan baik dengan para pelamar lainnya, serta memenuhi ketentuan perusahaan.


Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan. Selain menyesuaikan keterampilan diri, harus juga menyesuaikan nilai-nilai yang ada dalam perusahaan dengan tujuan diri sendiri. Maka dari itu, mari simak beberapa hal yang harus Komunikan persiapkan sebelum melamar pekerjaan.

1. Pastikan Tujuan Perusahaan Sama dengan Tujuanmu

Sumber: unsplash.com

Mengetahui tujuan perusahaan adalah hal penting, supaya kalian dapat menyesuaikan apakah prinsip yang kalian pegang sesuai dengan perusahaan. Jangan sampai ketika sudah bekerja, Komunikan merasa tidak cocok dengan tujuan perusahaan dan mengakibatkan kinerja kalian tidak maksimal.

2. Percaya dengan Perusahaan yang Kamu Tuju

Sumber: unsplash.com

Penting juga untuk percaya dengan perusahaan yang kalian tuju, apakah perusahaan tersebut benar-benar baik untuk diri kalian. Oleh sebab itu, lakukan riset terlebih dahulu apakah perusahaan yang Komunikan tuju mempunyai kapabilitas dan reputasi yang baik.


3. Visi yang Sama antara Kamu dengan Perusahaan

Sumber foto : unsplash.com

Agar timbul keselarasan antara diri dengan perusahaan, penting untuk menyamakan visi dengan tujuan diri kita bekerja di tempat itu. Jika adanya kecocokan, maka akan lebih nyaman untuk bekerjasama dalam perusahaan tersebut dan dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih baik.


4. Siap dengan Segala Konsekuensi

Sumber: unsplash.com

Jika sudah diterima dalam pekerjaan yang kalian mau, pastikan kalian sudah tahu jobdesc apa saja yang akan diterima. Tidak mudah untuk mundur ketika sudah masuk dalam suatu pekerjaan, oleh karena itu Komunikan harus siap dengan segala tuntutan pekerjaan yang ada. Kalian harus merasa yakin bahwa kalian bisa melakukan dan mengerjakan dengan hasil yang terbaik.


5. Pastikan Adanya Kesempatan untuk Mengembangkan Karier

Sumber: unsplash.com

Riset mengenai perusahaan yang kalian tuju, apakah mereka dapat memberi kesempatan untuk kalian mengembangkan karier. Hal ini dapat dilihat atau diukur dari berbagai macam hal, salah satunya adalah dengan tipe atasan yang dapat memberikan bimbingan untuk kalian agar dapat meningkatkan karier. Selain itu juga ada berbagai pelatihan atau kelas untuk mengasah dan meningkatkan skill kalian, Komunikan.




Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

9 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com