• kompressupj

5 Pekerjaan Sampingan Untuk Komunikan di Masa Pandemi


Sumber: unsplash.com


Mengingat banyak orang yang dirumahkan, dikurangi gajinya, bahkan sampai diberhentikan dari pekerjaan di masa pandemi ini tentu berdampak pada menurunnya pemasukan. Oleh karena itu, banyak orang yang memutar otak mencari cara agar kebutuhan sehari-hari mereka tetap terpenuhi. Berikut adalah lima pekerjaan tambahan yang bisa Komunikan lakukan di masa pandemi untuk menambah uang jajan kalian.


1. Les Privat


Sumber: popmama.com


Bagi Komunikan yang memiliki keahlian dan pengetahuan cukup dalam beberapa pelajaran, seperti matematika, bahasa asing ataupun seni, kalian bisa memanfaatkan keahlian tersebut dengan membuka jasa les privat. Banyak orang tua di luar sana yang membutuhkan kalian. Tujuannya agar anak-anaknya tetap dapat belajar dan berkembang dengan maksimal walaupun harus sekolah dengan sistem Study From Home.


2. Penulis Lepas


Sumber: unsplash.com


Untuk Komunikan yang senang menulis, ada banyak perusahaan yang mencari jasa kalian. Sebut saja seperti menjadi editor atau penulis artikel. Jika kalian berminat, kalian bisa mencari lowongan pekerjaan seperti ini di internet atau media sosial. Komunikan juga bisa menjual karya tulis ke perusahaan yang sedang mencari karya tulis.


3. Usaha Kuliner


Sumber: travel.kompas.com


Bagi yang gemar memasak, bisa banget menyalurkan hobi kalian untuk mendatangkan uang jajan tambahan. Komunikan bisa menjual makanan dari resep andalan ke teman-teman, atau dapat juga kalian promosikan di media sosial. Sebagai strategi awal, kalian bisa membagikan tester terlebih dahulu ke kerabat terdekat sekaligus meminta saran dari mereka tentang apa yang kurang dari masakan kalian.


4. Reseller


Sumber: santripreneur.or.id


Menjadi seorang reseller adalah jawaban yang tepat bagi kalian yang senang berdagang. Komunikan bisa mencari supplier atau penjual dari online shop yang membuka jasa reseller, lalu tinggal daftarkan diri kalian. Setelah itu, tentukan packaging yang menarik untuk digunakan agar dapat menarik pasar lebih banyak, kemudian tentukan juga seberapa besar untung yang akan kalian dapatkan.


5. Freelance



Sumber: unsplash.com


Jika Komunikan mempunyai suatu keahlian yang dapat kalian jual dan menghasilkan uang seperti desain, coding, editing ataupun fotografi, coba jual jasa dan tawarkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Selain bisa mengasah skill yang kalian punya, Komunikan juga bisa mendapatkan uang jajan tambahan dari keahlian tersebut.





Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

39 views0 comments

Recent Posts

See All