• kompressupj

Pameran Online Program Studi Desain Produk UPJ



Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak bagi kehidupan sekolah maupun perkuliahan. Semua kegiatan pendidikan diberhentikan dan berganti dengan sistem online. Salah satu Program Studi (Prodi) Universitas Pembangunan Jaya yaitu Desain Produk (DP) mengadakan ujian akhir semester yang dilakukan secara online. Jika biasanya Program Studi Desain Produk UPJ mengadakan pameran secara langsung di Aula UPJ, namun kali ini dibuat berbeda. Prodi Desain Produk mengadakan pameran secara online pada tanggal 2-9 Juni 2020 di akun Instagram milik Prodi Desain Produk.


Pameran online milik DP ini merupakan wadah bagi mahasiswa yang sedang melakukan ujian akhir semester. Pameran ini terdiri dari beberapa mata kuliah dari prodi tersebut. Di antaranya adalah mata kuliah creativepreneurship, urban craft design, urban fashion and lifestyle product, desain produk 2 dan desain produk 4.


Creativepreneurship merupakan mata kuliah di mana seseorang akan memulai atau menjual bisnisnya menggunakan ide-ide kreatif, dengan mengutamakan seni atau desain sebagai tolak ukur utamanya. Urban craft design merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk mengetahui secara garis besar korelasi keilmuan bidang kriya dengan ilmu desain produk, sehingga melahirkan konsep baru menjadi produk yang relevan di era saat ini.


Sedangkan urban fashion and lifestyle product merupakan mata kuliah yang membahas mengenai perpaduan antara fashion yang sudah menjadi kebutuhan gaya hidup dengan lifestyle product yang merupakan produk yang dapat mendukung gaya hidup seseorang. Desain produk 2 merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman mengenai relasi desain produk dengan engineering serta beberapa detail mekanisme serta contoh produk yang mempertimbangkan aspek engineering. Desain produk 4 merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dengan kebutuhan manusia, terutama produk yang bersifat komersil, responsible dan sustainable.

Keunikan Pameran Online


Pameran online ini merupakan ide pameran yang cukup unik dan menarik. Pameran di kemas dengan konsep yang berbeda dengan pameran pada umumnya. Walaupun pameran ini bersifat online namun antusiasme dari para dosen dan mahasiswa UPJ sendiri cukup baik. Beberapa dosen berkomentar positif dari hasil karya mahasiswa yang sudah membuat sebuah produk unik dan kreatif. 


“cakep, netizen diajakin nge-vote aja sekalian: karya paling keren, karya paling avant garde, karya paling ini itu,” ucap salah satu dosen UPJ, Gita Soerjoatmodjo.


Dosen Psikologi UPJ tersebut memberikan komentar positif yang berisikan masukan mengenai penilaian. Ia juga berkomentar bahwa Ia ingin berpartisipasi dalam melakukan voting untuk pameran online tersebut.


Urban Fashion and Lifestyle Product


Pada pameran mata kuliah ini terlihat cukup menarik pandangan para mahasiswa dan dosen dari program studi lainnya di UPJ. Pada feeds Instagram Prodi Desain Produk tersebut terlihat beberapa gambar miniatur patung dengan menggunakan pakaian yang unik. Jika dilihat satu per satu miniatur tersebut merupakan pakaian mini di mana bentuk desain pakaian bertemakan “fashion movement“. Tema ini mengangkat perubahan bentuk fashion di era yang diambil setiap mahasiswa, perubahan fashion yang dimaksud mengarah pada bentuk pakaian. Dari bentuk pakaian ini memperlihatkan bahwa keunikan dari desain pakaian tersebut sehingga membuat pengenalan mengenai fashion seperti apa yang sedang trend pada saat itu.


Pameran online menjadi wadah yang cukup baik untuk dilakukan saat menjalani pandemi seperti saat ini. Program Studi Desain Produk UPJ berhasil melakukan pameran online yang unik dan berkonsep sesuai dengan mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa. 


Penulis: Kadek Alvia Raspati

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Emma Aliudin

42 views0 comments