• kompressupj

Ospek Virtual ala PRIMA UPJ 2020


Prima UPJ 2020

Program Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Jaya (PRIMA UPJ) kembali diselenggarakan untuk menyambut mahasiswa baru angkatan 2020. Melaksanakan acara di tengah pandemi tidak mengurangi semangat dan antusiasme seluruh panitia untuk menyambut keluarga baru, keadaan yang ada justru membuat mereka semakin peduli satu sama lain.


Menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini, kegiatan PRIMA 2020 memiliki konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Keseluruhan kegiatan mengacu pada konsep kampus merdeka dengan komposisi acara yang didominasi oleh materi tugas dalam kemasan quiz ataupun game interaktif.


Acara yang dibawahi langsung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa tersebut mengangkat tema “Dare to Collaborate Dare to Innovate” dengan harapan bisa mewujudkan mahasiswa/i yang berani berkolaborasi secara luas sehingga dapat berinovasi dengan kreatif dan siap menjadi agen perubahan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.


“Empowering Youth Beyond The Limits” sebagai tagline PRIMA 2020 juga diharapkan dapat memberdayakan pemuda di luar batas, bersaing secara sehat dan selalu berinovasi. PRIMA 2020 berlangsung sejak pertengahan bulan Agustus hingga awal bulan September dan dibagi dalam 3 tahap, yaitu Pra PRIMA, PRIMA inti, dan Tur Kampus.


Rangkaian pertama diawali dengan kegiatan PRA PRIMA yang dilaksanakan pada tanggal 17 dan 25 Agustus 2020 dalam rupa seminar online. PRA PRIMA Tahap 1 yang diadakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia mengangkat judul "Peran Mahasiswa sebagai Generasi Milenial dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital". Lewat materi ini kita diajarkan untuk bisa menjadi mahasiswa yang merdeka dari setiap tantangan di era digital. Pemateri dari seminar ini adalah Dosen dari Program Studi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya yaitu Dr. Dr. Dipl. -ing. Rachman Sjarief, MM., MH.


PRA PRIMA Tahap 2 mengangkat judul yang lebih dekat lagi dengan generasi muda yaitu "Building Youth from the Inside". Pemateri dari seminar ini adalah Dekan Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya yaitu DR. Hendy Tannady ST., MT., MM., MBA. Keinginan untuk aktif melibatkan mahasiswa baru peserta PRIMA 2020 juga membuat resume dari masing masing acara agar dapat lebih memahami lagi setiap materi yang diberikan.


Memasuki tahap PRIMA inti, kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dan tetap dilaksanakan secara online melalui Zoom Video Conference. Hari pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020, yaitu kegiatan Parent's Day dan Students Session. Sesi ini memaparkan berbagai unit yang ada di Universitas Pembangunan Jaya dengan tujuan memberikan sosialisasi mengenai bagaimana sistem kegiatan yang ada di kampus. Diberikan juga video mengenai praktik materi yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk mengajarkan mahasiswa baru bagaimana cara menggunakan email Outlook, mengakses Mysisfo, mengakses Collabor, dan lainnya agar membantu mereka memahami lebih baik lagi mengenai sistem perkuliahan nantinya.


Kegiatan PRIMA online Day 1-3 sebagian besar menggunakan media Youtube, Zoom, dan groupchat untuk pelaksanaannya. Di sini para peserta PRIMA diperkenalkan lebih jauh lagi mengenai lingkungan Universitas Pembangunan Jaya melalui pemberian video profil UPJ, pengenalan UKM, dan lainnya. Ada juga kegiatan Fakultas Gathering dan Prodi Gathering yang diharapkan dapat memberi mahasiswa/i baru kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain antar teman satu Fakultas dan satu Prodi dengan mereka.


Diselenggarakan juga games online melalui aplikasi Kahoot serta seminar online dengan topik “Peka Pendidikan dan Keterampilan” dan “Entrepreneur untuk menambah wawasan para Peserta PRIMA 2020. Topik "Entrepreneur" sendiri mengundang pembicara yang sudah ahli dalam bidangnya yaitu Bapak Hendy Setiono selaku CEO Baba Rafi Enterprise. Kahfian sebagai peserta PRIMA 2020 mengatakan bahwa narasumber-narasumber yang menceritakan tentang materi bela negara, entrepreneurship, dan leadership sangat berkesan baginya. Rangkaian acara PRIMA inti ditutup dengan penayangan Video Talent Show dari seluruh kelompok.


Rangkaian PRIMA 2020 ditutup dengan kegiatan tur kampus. Tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai bentuk rasa peduli dan itikad baik dari pihak panitia serta pihak universitas kepada mahasiswa baru yang memasuki dan memulai dunia perkuliahan secara online. Keinginan agar mahasiswa baru mengenal seperti apa wujud bangunan mereka berkuliah, bagaimana menjadi seorang mahasiswa jika kita kaitkan dengan para panitia yang statusnya sudah menjadi mahasiswa.


Acara ini diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Satuan Gugus (SATGAS) Covid-19 UPJ. Dalam 1 hari, kegiatan tur kampus hanya diikuti oleh 4-5 kelompok untuk membatasi jumlah mahasiswa yang hadir. Seluruh peserta dan panitia yang hadir juga diwajibkan selalu mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, face shield, dan menerapkan physical distancing saat berada di lingkungan kampus.


Melalui kegiatan PRIMA 2020, mahasiswa baru diharapkan memiliki kedewasaan untuk lebih memahami kembali peraturan dan juga tata tertib yang berlaku di universitas. Panitia sudah mengemas seluruh informasi secara interaktif agar mahasiswa dapat berkembang menjadi sosok yang cerdas dan paham akan tanggung jawab yang harus mereka jalani. Terlaksananya acara ini telah memberikan warna tersendiri bagi setiap pihak.


“Panitia PRIMA 2020 bukan hanya sebagai kepanitiaan melainkan sebagai satu kesatuan keluarga besar PRIMA 2020. Susah, senang, pahit, manis dijalankan bersama sama," ungkap Ramadan, Ketua Pelaksana PRIMA 2020.




Penulis: Stephanie Christina

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

23 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com