• kompressupj

Mengenal Expiration Date, Manufacturing Date, dan PAO dalam Kemasan Produk Kecantikan


Sumber: Shiny Diamond on Pexels



Komunikan, kira-kira tempat apa yang paling banyak dikunjungi para wanita ketika sedang di mall? Ya, counter kecantikan - apalagi ketika melihat-lihat dan mencoba produk ternyata harganya lagi diskon. Wah, hasrat ingin memiliki produk tersebut dijamin semakin kuat.


Wanita sering teracuni atau tergiur oleh promo-promo menarik yang diberikan berbagai brand, baik lokal maupun produk luar negeri. Tapi, apakah kalian tahu yang paling penting untuk kalian perhatikan? Sebagai pembeli, kita harus menjadi pembeli yang cermat. Jangan hanya melihat harga diskon 70% langsung ambil dan antre di kasir lalu bayar. Ketika sampai di rumah, baru sadar ternyata 3 bulan lagi sudah expired padahal isinya banyak dan bisa dipakai kurang lebih dua tahun lagi.


Alhasil, produk kecantikan tersebut harus dibuang walaupun nanti masih tersisa banyak. Sayang sekali produk itu menjadi mubazir karena kita tidak cermat ketika membeli produk dan berujung penyesalan karena dengan harga yang di awal murah ternyata cuma bisa dipakai sedikit sekali, jatuhnya harga produk tetap saja mahal.


Lalu, apa solusinya? Komunikan perlu pahami beberapa hal dulu sebelum membeli produk kecantikan. Cermati dulu expiration date, manufacturing date dan PAO. Jika kalian belum mengenal nama-nama tersebut, silakan meminta bantuan para SPG untuk menjelaskannya. Berbelanja di store, counter dan drug store juga memiliki kelebihan yaitu bisa konsultasi gratis untuk menanyakan detail produk maupun kebutuhan kulit kalian. Komunikan harus berani bertanya dan meminta penjelasan dengan detail.


Kali ini, KOMPRESS akan memberikan sedikit penjelasan tentang expiration date, manufacturing date,dan PAO dalam kemasan produk kecantikan. Yuk, simak penjelasannya.


Sumber: Beautynesia


1. Expiration Date


Komunikan harus memperhatikan expiration date atau tanggal kadaluarsa sebelum produk tersebut dibuka. Expiration date dalam kemasan produk kecantikan biasanya disingkat EXP atau E. Expiration date biasanya menggunakan format: “EXP: YYY/MM/DD”.


Sumber: Turboly.com


2. Manufacturing Date


Manufacturing date atau tanggal diproduksinya produk tersebut, biasanya disingkat dengan kode MFG. Format pada kemasannya yaitu "MFG: YYY/MM/DD”.


Sumber: Journal.sociolla.com


3. PAO (Period After Opening)


PAO atau Period After Opening adalah kode yang menunjukkan masa simpan seperti 6M atau enam bulan masa simpan setelah produk tersebut dibuka.



Itu tadi sedikit informasi mengenai EXP, MFG dan PAO. Sebelum membeli produk kecantikan harus cermat dan teliti, ya. Yuk, share info ini ke teman-teman yang lain!




Penulis: Annisya Ristifani

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Emma Aliudin

12 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com