• kompressupj

Magang, Pengenalan Dunia Kerja Mahasiswa/i UPJ


Dunia kerja tentunya adalah salah satu tingkat di mana semua orang akan merasakannya. Berbeda bagi macam orang, terkadang ada yang sudah terjun ke dunia kerja dari masih diusia yang sangat muda hingga ada yang harus masih bekerja diusia senjanya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara manusia untuk bertahan hidup. Dalam dunia kerja sendiri pastinya para perusahaan menginginkan kinerja kariyawannya yang terbaik dan beroperasi secara maksimal. mangkanya hal ini membuat perusahaan banyak sekali yang mencari lulusan-lulusan fresh graduated yang sudah memiliki pengalaman kerja bukan yang benar-benar buta nol dari awal. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya konflik kan kredibilitas yang dapat dipegang dari pengalaman yang mereka punya. Namun pasti bertanya “Kalau fresh graduated gimana sudah memiliki pengalaman?”. Hal inilah yang akhirnya Universitas Pembangunan Jaya memiliki salah satu syarat kelulusan untuk magang dalam sebuah institusi perusahaan.

Pendaftaran Magang Pada Perusahaan Tetap Dilakukan Individu

(Sumber : https://pintek.id/blog/wp-content/uploads/2020/07/Ingin-Magang-Kenali-Dulu-Apa-Itu-Magang-Manfaat-Tips-2.jpg)

Pertama-tama magang itu apa sih? Magang, atau dikenal dengan sebutan internship adalah penempatan kerja dengan perusahaan atau organisasi yang memberikan pengalaman kerja dan keahlian baru, yang dapat berguna untuk karir masa depan. Tujuan dari magang adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan apa yang mereka pelajari di ruang kelas ke dunia riil, supaya mereka lebih siap kerja setelah lulus nanti. Tergantung kondisi, anda bisa saja bekerja di satu atau beberapa departemen di suatu perusahaan atau organisasi, dan membantu pekerjaan dari karyawan di sana. Jenis dan posisi pekerjaan akan disesuaikan dengan jurusan anda. (Hotocurse.co.id) Seperti penjelasan diatas Universitas Pembangunan Jaya melakukan fase magang bagi mahasiswa dan mahasiswinya memang dilakukan untuk mempersiapkan mereka agar dapat menerjang dunia kerja nantinya.

Peluang yang diberikan oleh kampus ini sudah banyak sekali yang memberikan jalan awal bagi para karir mahasiswa dan juga mahasiswi. Bagaimana tidak, hal ini dikarenakan sudah banyak sekali alumni-alumni yang mengatakan bahwa mereka melanjutkan kerjanya diperusahaan awal dimana mereka melakukan fase magang di perusahaan yang sama. Hal ini sebenarnya bisa terjadi juga dikarenakan gigihnya para mahasiswa dan mahasiswi yang bekerja diperusahaan tersebut. serta mereka dapat mempertahankan citra nama baik diri sendiri serta menjada citra nama baik kampus Universitas Pembangunan Jaya.

Kegiatan magang yang diwajibkan oleh kampus Universitas Pembangunan Jaya adalah dengan periode kurang lebih 3 bulan lamanya dan dilaksanan dengan track record yang jelas. Dengan berarti kinerja dan juga performa mahasiswa pada saat magang terus dipantau oleh kedua belah pihak yaitu adalah pihak perusahaan dan juga pihak dari kampus. Hal ini yang nantinya akan menjadi tolak ukur penilaian bagi para dosen-dosen yang menjadi pembimbing serta dosen penilai dari matakuliah ini. Pada akhir periode magangnya mahasiswa dan mahasiswi diwajibkan untuk membuat sebuah laporan hasil kerja lapangan atau magang mereka selama bekerja diperusahaan tersebut. hal ini yang nantinya juga akan menjadi salah satu penilaian yang akan dilihat oleh para dosen-dosen yang bersangkutan. (GGL)

22 views0 comments