• kompressupj

Lima Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh


Sumber Foto : Saurav Rastogi di Unsplash

Sering lemes? Mudah capek? Mungkin kalian jarang makan makanan yang sehat nihh!

Terutama makan sayur-sayuran.


Jika kita memiliki kekebalan tubuh yang kuat, pastinya kita tidak akan mudah jatuh sakit. Ada cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan menjalankan gaya hidup yang sehat dan juga makan makanan yang sehat.


Menurut Alodokter.com sistem kekebalan tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Jika sistem kekebalan tubuh dalam keadaan lemah, maka kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita dan dapat menimbulkan infeksi.

Salah satu jenis penyakit infeksi yang mudah menyerang tubuh kita saat daya tahan tubuhnya lemah yaitu Covid-19 atau Virus Corona. Seperti yang kita ketahui, saat ini Indonesia dan negara-negara lainnya di seluruh dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Maka dari itu, menjaga daya tahan tubuh di tengah situasi pandemi ini merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua.

Makanan sehat memiliki nutrisi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tubuh kita tetap kuat untuk menghalau infeksi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Brokoli


Si pohon hijau kecil ini sehat banget looh ternyata!

Brokoli mengandung banyak vitamin seperti A, C, dan E. Brokoli juga mengandung banyak serat dan antioksidan. Kandungan nutrisi itulah yang membuat brokoli dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kamu gak suka brokoli? Mungkin cara masaknya saja yang perlu kamu siasati supaya si kecil hijau ini tetap enak saat disantap.




2. Bayam

Bayam enak disayur atau dijus!

Tidak kalah tinggi dengan brokoli, bayam juga memiliki kandungan antioksidan. Bayam juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C dan A yang efektif memperkuat sistem kekebalan tubuh. Agar nutrisinya tidak terbuang, hindarilah memasak bayam terlalu lama.


Bayam juga bisa loh kamu konsumsi dengan cara dijus dengan buah-buahan supaya rasanya jadi lebih segar dan enak. Sehatnya dapat, enaknya juga dapat.


3. Jahe


Jahe, si pedas namun banyak manfaat.

Jahe adalah makanan yang dapat disajikan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jahe dapat juga membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokoan dan penyakit radang lainnya, serta membantu mengurangi mual.


Jahe bisa dikonsumsi dengan berbagai cara loh, tergantung kebutuhan kamu juga. Biasanya jahe digunakan sebagai bumbu masak atau direbus untuk mendapatkan sari-sarinya. Paling enak ditambah madu dan diminum hangat-hangat.

4. Kubis


Biasanya komunikan mengonsumsi kubis dengan cara apa?

Kubis merupakan salah satu sayur hijau yang memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh kita. Kubis juga mengandung antioksidan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada kubis dapat membantu menjaga kesahatan arteri.



5. Yoghurt


Jika kita mengonsumsi yoghurt, makanan ini akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu kita melawan penyakit. Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang hebat untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dari virus.


Enaknya lagi, sekarang yoghurt sudah ada banyak rasanyaaa... Bisa gonta-ganti rasa supaya gak bosan. Rasa favoritmu apa?


Penulis: Frizka Lenka Tantra

Editor: Naurissa Biasini


Sumber:

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4258272/ini-5-makanan-yang-dapat-menjaga-daya-tahan-tubuh-selama-pandemi

https://www.alodokter.com/tingkatkan-sistem-kekebalan-tubuh-dengan-makanan-dan-kebiasaan-ini

3 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com