• kompressupj

Lima Ide Bisnis untuk Mahasiswa


Sumber: Unsplash


Sebagai mahasiswa yang memiliki kegiatan perkuliahan sehari-hari, Komunikan pasti pernah merasa ingin melakukan kegiatan tambahan lain yang dapat menghasilkan uang atau menambah pengalaman. Salah satu kegiatan tambahan yang bisa dilakukan adalah memulai bisnis kecil-kecilan.

Berbekal kreativitas dan ilmu yang didapatkan saat kuliah, Komunikan bisa memulai bisnis sendiri maupun bersama teman. Membangun sebuah bisnis tidak selalu membutuhkan modal yang besar loh! Dengan niat dan riset yang tepat, Komunikan sudah bisa mulai menjalankan bisnis. Berikut lima ide bisnis produk maupun jasa yang cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa:

1. Social Media Management

Saat ini banyak pelaku bisnis yang membutuhkan media sosial untuk memasarkan dan memperkenalkan bisnisnya. Sebagai anak komunikasi, mengelola dan membuat konten untuk media sosial tentu saja sudah menjadi makanan sehari-hari. Maka dari itu, menawarkan jasa social media management menjadi salah satu bisnis jasa yang bisa dilakukan untuk menambah pengalaman dan penghasilan. Selain itu, komunikan juga bisa menerapkan unsur-unsur komunikasi yang baik dalam konten-konten untuk media sosial sebuah brand.

2. Thrift Shop

Saat ini trend fashion era 90-an sedang banyak diminati, namun belum banyak brand yang menyediakan pakaian sesuai dengan gaya tersebut. Salah satu bisnis yang bisa menjadi solusi yaitu thrift shop. Dengan menawarkan produk berupa pakaian bekas yang masih layak pakai dengan harga yang terjangkau tentu akan sangat diminati para pecinta fashion.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis thrift shop ini juga tidak besar. Komunikan bisa mencari stok pakaian bekas dengan kualitas yang bagus di beberapa pasar terkenal seperti pasar baru dan pasar Senen. Bisnis thrift shop juga bisa membantu pengurangan konsumsi fast fashion, karena fast fashion memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan dan dapat menciptakan budaya konsumtif.

3. Makanan/Minuman Homemade

Bisnis di bidang kuliner biasanya banyak mendapatkan peminat, karena makanan merupakan kebutuhan pokok sehari-hari manusia. Namun untuk menjalankan bisnis di bidang kuliner, Komunikan harus jeli melihat apa yang sedang diminati dan dibutuhkan oleh konsumen saat ini. Beberapa produk makanan atau minuman homemade yang bisa ditawarkan seperti dessert box, minuman liter-an, frozen food, hingga salad dengan aneka buah-buahan. Tentu saja bisnis ini sangat cocok untuk Komunikan yang memiliki hobi di bidang kuliner.

4. Bouquet & Gift Box

Bisnis pembuatan hadiah berbentuk bouquet ataupun box juga tidak kalah sepi peminat. Banyak orang yang ingin memberikan hadiah spesial kepada orang yang tersayang namun merasa kesulitan untuk membuat dan merealisasikannya, sehingga bisnis ini hadir sebagai solusi. Produk yang ditawarkan bisa berupa bouquet bunga, birthday gift box, hingga goodie box untuk perayaan kelulusan.

Menjalankan bisnis di bidang ini juga bisa mendapat pahala lho, karena melalui hadiah yang diberikan tentu saja membuat seseorang yang menerima merasa senang. Siapa sih, yang nggak senang kalau dapat hadiah? Apalagi dari orang tersayang.

5. Photographer dan Videographer

Salah satu skill yang umum dimiliki oleh mahasiswa adalah skill photography. Komunikan bisa menawarkan jasa foto atau video untuk beragam jenis keperluan seperti foto untuk produk, video teaser untuk media sosial, hingga virtual photoshoot yang saat ini sedang trend. Komunikan bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan orang-orang terdekat terlebih dahulu, diawali secara cuma-cuma untuk menambah portofolio. Jika hasilnya memuaskan, Komunikan bisa mulai menentukan pricelist untuk jasa yang ditawarkan.


Nah itu dia 5 ide bisnis yang bisa menjadi referensi untuk Komunikan jika memiliki keinginan untuk berkecimpung dalam dunia bisnis. Dalam membangun bisnis baru tentunya tidak semudah yang dibayangkan, setiap bisnis tentu akan mengalami beberapa tahap kesulitan ketika menjalankannya. Namun dengan niat yang besar dan pengelolaan yang baik, bisnis akan berkembang dan berjalan sesuai dengan goals Komunikan. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Penulis: Tigy Ambar Silvanari

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

79 views0 comments