• kompressupj

LIMA ANAK MUDA INDONESIA YANG MENDUNIA

Hai Komunikan! 


Dahulu Indonesia dikenal sebagai negara dengan bahan baku kualitas ekspor terbaik, tetapi kita saat ini semakin berbangga diri. Bagi kalian mungkin sudah sangat tidak asing dengan personil K-Pop atau musisi Pop Barat, tapi tidak dengan beberapa anak muda Indonesia ini. Dari beberapa nama anak muda Indonesia yang disebutkan di bawah ini adalah penggiat seni dan kreasi yang sudah mendunia lho. Siapa saja mereka? Yuk kita ulas!


1. Venzha Christie (Pegiat Space Art)


Venzha Christie

Nama Venzha Christie sudah sangat terkenal di luar negeri. Venzha Christie adalah pendiri The House of Natural Fiber (HONF). Venzha Christie menjadi orang Indonesia pertama yang bekerja sama dengan NASA

pada pameran A Human Adventure do ArtScience Singapore. Venzha bersama teman-teman HONF nya menjadi satu-satunya kolaborator pada acara itu.

2. Setya Yudha (Jaringan Warkop Nusantara)

Berawal dari kecintaan terhadap kopi, Setya Yudha memilih membantu usaha para pemilik warung kopi untuk dapat memiliki biji kopi yang berkualitas. Berkat antusiasmenya, kini makin banyak warung kopi di Indonesia yang menyediakan kopi nikmat dan berasal dari bijinya langsung dan bukan sekadar kopi sachet-an.

"Saya ingin sebenarnya mungkin ngomporin ya supaya kopi-kopi di Indonesia ini makin gampang didapat, makin banyak tersedia di warung-warung, dan harganya juga terjangkau," kata Setya.

Setya Yudha saat meracik kopi sajiannya

3. Fadhil Firdaus & Wafiq Giotama (Pelemukelele)

Kamu suka menekuni bidang seni music? Mungkin kamu terbiasa membeli alat musik langsung dari toko musik yang sudah memiliki label terkenal di kalangan masyarakat. Tapi berbeda dengan yang satu ini. Brand ukelele asal Jogja ini memanfaatkan serat kayu dari pohon mangga yang menghasilkan kualitas suara yang renyah.

Selain itu, mereka juga melakukan pembicaraan personal dengan para pelanggannnya untuk menghasilkan ukulele yang cocok dengan karakter si pemakai.


4. Naufal Abshar (Pelukis Muda Indonesia)

Naufal dari kecil menyukai seni gambar sampai kemudian mendapat ledekan di sekolahnya karena terlalu sering menggambar. Sejak awal ia mempunyai niat sederhana bagaimana caranya berkarier lewat seni.


Lulusan LASALLE College of the Arts, Singapura ini sekarang menjadi seorang artpreneur. Caranya adalah dengan membangun network dan memperkenalkan karya-karyanya ke galeri, para kolektor, serta rutin mengikuti event seni. Bahkan, lukisannya yang bertajuk “HAHA Series” bikin karyanya dilirik oleh galeri dan kolektor-kolektor lukisan di luar negeri.

5. Christiawan Lie (Caravan Studio)

Christiawan Lie atau biasa dikenal dengan nama Chris Lie adalah seorang komikus asal Indonesia yang sudah mengerjakan komik-komik raksasa di Amerika Serikat, seperti Transformers, Star Wars, hingga Avengers.


Chris Lie

Setelah cukup lama mengarungi dunia komik luar negeri, kini Chris Lie membuat studionya sendiri dengan nama Caravan Studio dan mengajak para komikus serta ilustrator asal Indonesia untuk sama-sama bisa sukses di luar negeri. Niat yang mulia ini semata-mata bertujuan untuk membanggakan Indonesia di mata internasional.

Kemudian saat KOMPRESS melakukan wawancara, ternyata anak-anak muda tersebut menginspirasi teman-teman di Ilmu Komunikasi.


“Tentu saja kalo ngeliat anak muda yang inspiratif kaya gitu memang bikin diri saya termotivasi ya, karena mereka bisa sukses di bidangnya mereka sendiri. Jadi saya ngelihatnya jadi memicu diri saya buat menekuni bidang yang saya gemari”, ucap Niken.

Begitu juga seperti yang diutarakan oleh Dwi Cynthia sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi,

“Untuk mencapai apa yang kita inginkan harus dengan selalu berusaha walaupun banyak orang yang akan menertawakan. Lalu, kita harus termotivasi untuk dapat melakukan hal yang saya sukai, walaupun tidak semua orang mendukung niat tersebut”, ungkapnya.


Penulis: Hardy Pranata

Editor : Naurissa Biasini

28 views2 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com