• kompressupj

Lampu Merah "New Normal" Layaknya Sirkuit Balapan


Sumber: LINE Today


Jelang diberlakukannya "New Normal", beredar foto lampu merah dengan batas garis-garis putih yang dilihat mirip dengan sirkuit balapan motor di media sosial. Lampu merah yang tampak seperti sirkuit balapan motor ini berada di perempatan Simpang Kembaang Ijo, Tuban, Jawa Timur.


Foto viral tersebut menarik perhatian warganet. Banyak yang mengatakan garis pada lampu merah itu mirip dengan sirkuit Moto GP. Pemerintah Kabupaten Tuban menjelaskan melalui akun media sosial Instagram resminya @kabupatentuban bahwa, “Rekayasa lalu lintas antrian traffic light di simpang empat ijo dalam rangka penerapan physical distancing dan wajib masker bagi pengguna jalan, hal ini merupakan inovasi kolaborasi antara Dishub Tuban dan Satlantas Polres Tuban”.


Pemberhentian lampu merah ini digagas oleh Dinas Perhubungan Tuban dan Satlantas Polres Tuban. Lampu merah ini sengaja diberi garis putih yang berjarak satu sama lain untuk pengendara motor, agar pengendara sepeda motor tidak berkumpul berdekatan saat lampu merah, untuk meminimalisir penularan virus.


Kepala Dinas Perhubungan Tuban, Muji Slamet melalui Kumparan.com mengatakan bahwa lampu merah di Kembang Ijo sangat padat, terutama para pengguna sepeda motor. Hal tersebut menyebabkan Dinas Perhubungan Tuban membuat garis putih pembatas yang ditata rapi. Uji coba garis ini sudah berlangsung sejak Kamis (4/6), diharapkan pengendara sepeda motor berhenti tepat pada garis yang sudah ditetapkan saat lampu merah.


Garis henti ini secara teknis berukuran 1,5 meter antar garis. Pada setiap lampu merah terdapat sekitar 16 garis henti untuk pengendara sepeda motor. Sedangkan untuk pengendara mobil berada di belakang motor. Jika ada pengendara sepeda motor yang tidak berhenti tepat di garis yang sudah ditetapkan, ia akan mendapatkan teguran dari pengeras suara yang terdapat di lampu merah tersebut.


CCTV pada lampu merah selalu dipantau. Tidak hanya itu, ada juga sosialisasi secara langsung yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan. Jika masyarakat tertib mengikuti aturan ini, Kepala Dinas Perhubungan Tuban akan memperluas penerapan pada lampu merah lainnya di  jalanan Kota Tuban.


“Ini bagian dari penerapan new normal yang dikemas secara kreatif dan nyentrik. Idenya dari Dishub dan kami pikir tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Sekarang masih sosialisasi jadi kami juga turut mendukung,” ucap Kasatlantas Polres Tuban, AKP Argo Budi Sarwono melalui Kumparan.com.


Selain itu imbauan untuk selalu memakai masker juga dilakukan oleh petugas Dishub melalui pengeras suara yang berada di lampu merah. Spanduk berisi imbauan memakai masker juga dipasang di bawah lampu merah, guna menertibkan warga untuk selalu memakai masker meskipun "New Normal" diberlakukan. 


Penerapan physical distancing pada lampu merah ini adalah salah satu bagian dari konsep “Manajemen Transportasi Menuju Budaya Keteraturan dan Kebiasaan Baru Tuban Unggul (MANTAB BERSATU)”. Diharapkan masyarakat Tuban dapat ikut serta saling mengingatkan dan menerapkan physical distancing dimana pun mereka berada. 


Dengan adanya inovasi baru seperti ini diharapkan masyarakat mengikuti peraturan yang telah ditetapkan di setiap kota, sehingga pelaksanaan "New Normal" nantinya dapat dijalankan dengan lancar oleh masyarakat. Tetap jaga jarak satu sama lain dan selalu gunakan masker kemana pun kita pergi.



Penulis: Farah Millenia Andrian

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

45 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com