• kompressupj

Kuliah Sambil Usaha? Simak 5 Hal Ini Agar Kamu Lebih Siap


Sumber: unsplash.com

Komunikan mungkin sering menonton film atau melihat orang-orang sekitar membuat usaha sambil kuliah, dan kalian pun merasa kagum dengan hal itu karena seperti yang kita tahu, kuliah sudah cukup berat. Pastinya ada beberapa hal yang dipertimbangkan sebelum seseorang ingin memulai kuliah sambil menjalankan usaha, dan juga harus siap atas segala konsekuensi yamg nantinya dihadapi.


Positifnya, kalian akan mendapat pengalaman lebih serta dapat hidup dengan lebih mandiri karena sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Semua kebutuhan dan keinginan bisa Komunikan dapat dari hasil jerih payah.


Namun sebelum memulai itu semua, ada beberapa hal yang harus Komunikan ketahui dan persiapkan. Berikut penjelasannya:


1. Persiapkan Mental dan Fisik

Ketika Komunikan bekerja dan juga kuliah, kalian harus siap dalam hal pembagian waktu. Padatnya jadwal kuliah ditambah dengan sibuknya pekerjaan, perlahan akan membuat fisik kalian lemah karena berkurangnya waktu untuk beristirahat.


Oleh karena itu, kalian harus komitmen pada diri sendiri untuk tetap hidup sehat dengan makan makanan bernutrisi serta berolahraga di sela kesibukan. Menjalankan usaha adalah jalan hidup yang keras. Kalian akan menghadapi banyak permasalahan nantinya. Oleh karena itu Komunikan harus siap jika permasalahan itu datang, ditambah lagi dengan beban tugas menjadi seorang mahasiswa.


2. Time Management yang Baik

Pastikan kalian sudah dapat mengatur waktu dengan baik, jangan sampai kalian keteteran dan akhirnya pekerjaan serta kuliah berjalan buruk. Pilih apa yang akan masuk ke dalam nomor satu prioritas, bekerja atau kuliah.


Contoh, jika prioritas Komunikan adalah kuliah, cari jadwal kosong dalam jadwal kuliah lalu selipkan kegiatan bekerja kalian di dalam jadwal tersebut dan begitu pula sebaliknya. Pastikan tidak akan ada jadwal yang berbenturan dan membuat kalian kebingungan harus memilih hal mana yang lebih baik dikerjakan terlebih dahulu.


3. Riset melalui Media Sosial

Dalam menjalankan usaha, Komunikan pasti akan melakukan riset mengenai hal apa yang sedang digemari oleh orang-orang. Media sosial akan menjadi gudang data yang sangat membantu usaha kalian, agar usaha yang kalian buat tetap sesuai dengan keinginan masyarakat.


4. Tentukan Target Market

Selain melakukan riset mengenai pasar dan apa yang akan kalian buat, menentukan target market juga sangat penting. Ketika Komunikan membuat suatu usaha dengan menjual barang atau jasa, masyarakat dengan latar belakang seperti apa yang ingin kalian sasar? Apakah mahasiswa, ibu rumah tangga, atau pekerja kantoran?


Dalam menentukan ini juga tidak hanya didasarkan pada usia, namun juga Status Ekonomi Sosial (SES), jenis kelamin, serta psikologis masyarakat. Dari sana, Komunikan bisa membuat ciri khas dari apa yang kalian tawarkan ke masyarakat. Itu sebabnya bisa ada dua barang yang sama namun dijual dengan kemasan berbeda.


5. Cari Cara Unik Agar Dapat Menarik Perhatian Konsumen

Untuk menarik perhatian konsumen, Komunikan harus pikirkan cara dan melakukan riset mengenai hal apa yang harus kalian lakukan. Contohnya, tren berbelanja saat ini melalui apa?


Sekarang ini belanja online sedang sangat digemari karena kita sedang berada dalam masa pandemi, sehingga kita tidak boleh bepergian bebas seperti sebelumnya. Kalian juga bisa membuat promosi melalui media sosial dengan visual yang menarik, visual seperti apa yang sedang digemari belakangan ini.



Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

5 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com