• kompressupj

Komunitas Ciliwung Kembali Selenggarakan Upacara Kemerdekaan RI



Meski di tengah Pandemi Covid-19, Komunitas Ciliwung Depok tetap semangat menjalankan upacara HUT RI ke-75. Nadira Siti Nurfajrina, Presiden Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya, ikut serta sebagai peserta upacara. Nadira mengatakan bahwa kegiatan ini sudah sesuai protokol kesehatan.

“Alasan mengadakan upacara di kala pandemi ini adalah karena acara ini sudah dilaksanakan setiap tahunnya. Selain itu, kegiatan tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol yang sudah ditentukan oleh pemerintah pula sehingga peserta upacara yang hadir pun sangat terbatas,” terangnya.

Pengibaran bendera Republik Indonesia dilakukan di atas bebatuan sungai Ciliwung Depok. Peserta upacara dalam kegiatan ini melibatkan mahasiswa dan gabungan komunitas pecinta alam, sehingga mereka tetap melaksanakannya dengan penuh khidmat.

Kegiatan ini secara rutin dilakukan oleh Komunitas Ciliwung sebagai bentuk aksi meningkatkan kepedulian masyarakat dan pemerintah akan kondisi Sungai Ciliwung.

“Jadi acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan pemerintah dan masyarakat sekitar mengenai kondisi Sungai Ciliwung yang sudah memprihatinkan,” ucap Nadira lebih lanjut.

Ketua Komunitas Ciliwung Depok, Amrih Maulana menambahkan, pihaknya sengaja melakukan upacara di sungai sebagai upaya untuk mendapat perhatian dari pemerintah. Khususnya tentang masih banyaknya pembuangan limbah ke sungai Ciliwung saat ini. Selain itu juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai.

Peserta Upacara Nadira Siti Nurfajrina mengaku senang bisa ikut berpartisipasi, meskipun pada awalnya dirinya khawatir akan derasnya aliran sungai Ciliwung. Ia pun berharap acara seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun.




Penulis: Hardy Pranata

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Emma Aliudin

7 views0 comments