• kompressupj

Keren Banget! Tren Fashion Tie-Dye Kembali Populer


Sumber Foto: Whowhatwear.com

Pandemi Covid-19 saat ini telah memunculkan berbagai tren baru atau tren sejak lama yang kembali populer ke permukaan. Termasuk tren fashion saat ini. Di Indonesia, tren fashion yang berkembang adalah tie dye atau yang sering dikenal dengan teknik ikat celup. Sebelum menjadi perhatian, tren ini sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 1960-an di Amerika. Motif ini sudah diperkenalkan pada era Summer of Love, salah satu fenomena sosial yang terjadi di San Fransisco, Amerika.


Tren motif tie dye memiliki nilai historis di dalamnya. Dengan arti lain, motif ini digandrungi oleh masyarat Amerika ketika sedang terjadi kerusuhan pada tahun 1960-an di Amerika. Motif ini juga menunjukkan gaya klasik dari orang Amerika. Tren tie dye ini memainkan berbagai corak dengan variasi warna yang berlebihan. Biasanya digunakan untuk pergi ke acara-acara khusus, seperti ketika berada di pantai atau festival.


Tren tie dye saat ini digandrungi oleh pecinta fashion termasuk pesohor dunia. Hailey Baldwin, Justin Bieber, Jennifer Lopez, Lizzo dan Halsey tidak kalah ketinggalan untuk memilih motif tie dye sebagai busana musim panas. Pasalnya, memang tie dye kerap digunakan pada saat musim panas. Mengapa begitu? Karena motif tie dye sangat colorful dengan warna - warna cerah sehingga cocok untuk dipakai musim panas.

Beberapa merek fashion ternama pun berlomba-lomba meluncurkan berbagai koleksi fashion item dengan dominasi motif tie dye. Tren tie dye ini sendiri tidak berhenti hanya pada pakaian saja, melainkan pada beberapa fashion item yang bermunculan seperti sepatu, tas, topi, sapu tangan, kaos kaki hingga berbagai aksesoris. Brand fast fashion juga tak ketinggalan mengadopsi motif ini pada koleksi terbaru mereka. Mereka dengan cepat memanfaatkan viralnya motif tie dye.


Pasalnya, peningkatan pencarian nama tie dye melonjak tinggi di Pinterest dalam beberapa minggu terakhir. Tagar #tiedyeshirt juga sempat trending di aplikasi TikTok beberapa waktu lalu. Hal ini kemungkinan terjadi karena banyak orang yang ingin mengusir rasa kebosanan dengan membuat sendiri di rumah. Banyak pengguna TikTok yang memperlihatkan memodifikasi pakaian lama mereka dengan teknik tie dye. Teknik tie dye relatif mudah untuk dilakukan.


Cara membuat tie dye tidak membutuhkan perlengkapan khusus yang ribet. Alat-alat yang digunakan pun terbilang mudah untuk ditemukan di toko-toko terdekat. Proses pengerjaannya pun mudah. Kalian cukup menyediakan kaos yang telah diikat membentuk pola yang diinginkan. Kemudian dilanjutkan dengan teknik pewarnaan. Jadi, deh baju tie dye yang kalian inginkan!

Beberapa artis Hollywood juga melakukan tie dye di rumah, seperti Kenzie Ziegler salah satunya.


Pada acara Artist DIY di Youtube Channel Fuse, Kenzie mengatakan mengisi kegiatannya selama di rumah dengan melakukan tie dye pada beberapa bajunya. Beberapa warna yang digunakan untuk tie dye juga terinspirasi dari video cover dance miliknya dengan nuansa glow in the dark. Menurutnya, melakukan tie dye sangat menyenangkan. Ditambah, dirinya dapat bebas berekspresi dengan berbagai pakaiannya.


“Tie dye sangat in sekarang, semua orang melakukannya. Aku membuat banyak tie dye pada pakaianku. Mulai dari hoodie hingga kaos polosku. Tips ketika melakukan tie dye, jika warna yang digunakan terlalu pigmented kalian bisa merendam dengan air. Itu akan membuat hasilnya sangat keren!”, ujar penyanyi berusia 16 tahun ini.

Penulis : Khansa

Editor : Naurissa Biasini

79 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com