• kompressupj

Kenali 5 Bahasa Cinta: Komunikan yang Mana?

Updated: Jun 29, 2020


Sumber: peacockplum.fr



Apakah Komunikan menyadari bahwa setiap orang memiliki keunikan pada dirinya masing-masing? Ternyata, keunikan tersebut juga berbeda dalam hal menerima dan menunjukkan rasa kasih sayang. Hal ini membuat setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda.

Menurut Dr.Gary Chapman yang merupakan ahli dalam bidang relationship, bahasa cinta merupakan bagaimana cara seseorang menerima dan mengekspresikan perasaan cinta dan rasa kasih sayangnya. Perbedaan bahasa cinta setiap orang dikarenakan terdapat lima elemen yang dapat diaplikasikan sesuai dengan apa yang disenangi oleh setiap orang. 5 elemen yang ada dalam bahasa cinta menurut Dr.Gary adalah sebagai berikut:


Words of Affirmation

Untuk bahasa cinta yang pertama adalah kata-kata atau kalimat positif yang dapat membangun. Hal tersebut dapat berupa apresiasi, pujian, ungkapan sayang dan lain sebagainya. Jika seseorang yang memiliki bahasa cinta word of affirmation maka ia akan merasa lebih senang jika pasangan atau orang terdekatnya sering memberikan ungkapan yang menyenangkan untuknya.


Quality Time

Seseorang yang memiliki bahasa cinta quality time lebih memilih untuk menikmati dan menghabiskan waktu bersama pasangan maupun orang terdekat. Salah satu contohnya, ketika sedang bersama dan saling bercengkerama satu sama lain akan menambah perasaan senang. Hal ini karena seseorang dengan elemen quality time sangat berfokus pada kualitas waktu yang diberikan.


Receiving Gifts

Menerima hadiah dari pasangan maupun orang terdekat membuat seseorang yang memiliki bahasa cinta receiving gifts sangat bahagia. Hadiah yang diberikan tidak harus berupa sesuatu yang mewah, hadiah-hadiah kecil yang diberikan dengan tulus dapat menjadi makna tersendiri yang dapat membekas di hati.



Acts of Service

Kalau untuk yang keempat ini, kata-kata manis tidak berpengaruh besar bagi pemilik bahasa cinta act of services. Dilayani dalam hal-hal yang kecil hingga besar menjadi terasa sangat berarti dan berkesan. Salah satu contohnya seperti diberi bantuan saat mengerjakan tugas, dibukakan pintu, hingga diantar saat pulang ke rumah. Bagaimana cara kita diperlakukan menjadi tolak ukur untuk elemen bahasa cinta yang satu ini.


Physical Touch

Sentuhan fisik yang diberikan dari seseorang yang spesial menjadi fokus utama dalam elemen bahasa cinta ini. Sentuhan tersebut dapat berupa pelukan, genggaman tangan, dan belaian rambut. Ketulusan dalam sentuhan fisik juga sangat diperhatikan bagi seseorang dengan bahasa cinta physical touch.


Dari kelima bahasa cinta menurut Dr.Gary tersebut, setiap orang setidaknya mengarah kepada dua elemen bahasa cinta yang ada. Namun tidak semua orang bisa menyadari dan mengetahui apa bahasa cinta yang ia dan pasangannya miliki.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui elemen bahasa cinta yang kita miliki mengarah kemana, salah satunya kita bisa mengikuti quiz yang ada di www.5lovelanguages.com. Dalam quiz tersebut terdapat beberapa pertanyaan yang dapat menentukan elemen bahasa cinta yang kita miliki dan butuhkan.

Memahami bahasa cinta diri sendiri dan orang terdekat merupakan suatu hal yang penting untuk dipahami, karena kita bisa menjalin hubungan yang lebih saling mengerti satu sama lain. Saat kita sudah mengetahui bahasa cinta orang terdekat maupun pasangan, kita bisa mengetahui bagaimana ia ingin diperlakukan dan apa yang diharapkannya. Setiap hubungan yang baik tentunya didasari dengan saling memahami dan saling menghargai satu sama lain.



Penulis: Tigy Ambar Silvanari

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

62 views1 comment
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com