• kompressupj

Kegiatan Tutoring Online Divisi Akademik HIMAKOM



Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Pembangunan Jaya telah menyelenggarakan salah satu program kerja dari Divisi Akademik yaitu kelas tutoring secara daring yang diikuti oleh mahasiswa baru Ilmu Komunikasi angkatan 2020.


Pada tahun-tahun sebelumnya, kelas tutoring ini diselenggarakan secara offline dan untuk saat ini dilaksanakan secara online karena menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Tetapi, itu tidak mengurangi semangat dan antusiasme mahasiswa baru Ilmu Komunikasi 2020 untuk mengikuti kelas tutoring online ini.


Kegiatan ini diselenggarakan secara berkala setiap dua minggu sekali, yang mana pada tanggal 22 September 2020 adalah pertemuan pertama dan target 100 peserta dengan menggunakan Zoom sebagai ruang kelas tutoring. Tujuan diadakannya kelas tutoring ini untuk membantu para mahasiswa baru Ilmu Komunikasi sehingga dapat lulus mata kuliah wajib Ilmu Komunikasi, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi dan mata kuliah lainnya yang nantinya berhubungan dengan mata kuliah lanjutan di semester selanjutnya.


Pertemuan pertama pada kelas tutoring online dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua HIMAKOM yaitu Radityo Hibatul Aziz dan M. Ashabul Khafi. Kegiatan ini diawali dengan pengenalan Kepala Divisi Akademik yaitu Marcella Anindita D, tidak lupa juga pengenalan akun-akun Instagram Ilmu Komunikasi.


Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Ketua dan Wakil Ketua HIMAKOM. Radityo selaku ketua HIMAKOM sedikit memberikan sambutan kepada mahasiswa baru, pengenalan dari Divisi Akademik serta menjelaskan mengenai tugas-tugas Divisi Akademik di mana di antaranya sebagai wadah untuk para mahasiswa yang kesulitan dalam pembelajaran.


Sebelum memasuki pembahasan materi terkait mata kuliah, mahasiswa baru Ilmu Komunikasi diberikan kesempatan untuk membagikan pengalamannya mengenai perkuliahan yang telah dijalani. Beberapa mahasiswa baru berbagi pengalamannya terkait kesulitan pada sistem perkuliahan online yang baru pertama kali dilakukan, mulai dari kesulitan dalam presensi kehadiran melalui Collabor hingga kesulitan menerima materi dalam perkuliahan online.


Setelah sesi sharing berakhir, kegiatan kelas tutoring masuk ke materi dari mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi. Mahasiswa baru Ilmu Komunikasi diberikan pertanyaan terkait mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi, yang nantinya akan mendapatkan poin jika berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan terkait dengan mata kuliah tersebut.


Mahasiswa juga diperbolehkan untuk bertanya. Mahasiswa baru juga dapat menjawab pertanyaan temannya dan nantinya akan mendapatkan poin untuk mata kuliah tersebut. Kelas tutoring ini juga menyajikan metode pembelajaran dengan memberikan poin-poin dari materi mata kuliah.


Di penghujung kegiatan, ada pengumuman terkait penjualan buku mata kuliah Ilmu Komunikasi yang dilakukan oleh perwakilan Divisi Dana Usaha HIMAKOM. Mahasiswa baru dapat membeli buku melalui Divisi Dana Usaha HIMAKOM, karena buku-buku tersebut bisa digunakan di semester-semester berikutnya.

Kegiatan tutoring online diselesaikan dengan sesi foto bersama untuk dokumentasi acara. Jika ada pertanyaan terkait kelas tutoring ini, mahasiswa baru dapat menanyakannya di grup WhatsApp yang telah dibuat.


Dari kegiatan tutoring online tersebut, terlihat besarnya antusiasme para mahasiswa baru untuk mempelajari lebih dalam tentang mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi. Semoga antusiasme itu tidak hilang. Diharapkan kegiatan ini mampu mempermudah proses belajar mereka.



Penulis: Alrian Raka Ramadhan

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

40 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com