• kompressupj

Kasus Bullying Member Girl Group AOA


Sumber: CNN Indonesia

Kejadian yang dialami oleh dua anggota Ace of Angels (AOA), Jimin (Shin Ji-min) dan Mina (Kwon Min-ah) dimulai pada hari Jumat, 3 Juli 2020. Hal ini diawali dengan Mina yang berbagi unggahan di akun Instagram pribadinya berupa latar hitam dengan caption panjang yang berisi ungkapan hatinya. Dalam caption tersebut, Mina mengejutkan industri hiburan Korean Selatan dengan pengakuannya bahwa selama ini ia merupakan korban bullying salah satu member grup di bawah naungan FNC Entertainment.

Ternyata, selama menjadi anggota dalam girl group tersebut Mina mendapat tekanan dari seseorang hingga dirinya memendam keinginan menemui ayahnya yang saat itu sedang kritis karena kanker pankreas.

Menurut pengakuannya, perundung tersebut mengatakan bahwa Mina tidak profesional dan merusak suasana karena kesedihannya. Karena tekanan yang dialaminya, ia sering membuat dirinya mengonsumsi obat tidur yang menyebabkan ketergantungan dan mengalami kecemasan serta ketakutan berlebihan, hingga sempat melakukan percobaan bunuh diri beberapa kali.

Walaupun Mina tidak menyebutkan pelaku perundungan secara langsung, para penggemarnya pun berspekulasi dan menduga-duga bahwa pelakunya tidak lain adalah leader AOA, Jimin. Pada saat itu belum ada tanggapan resmi, baik dari pihak agensi maupun Jimin sendiri.

Namun, Jimin menulis dalam Instagram Story-nya, pesan tersirat dan singkat dalam satu kalimat sederhana yaitu “fiksi” yang berarti cerita yang disampaikan Mina merupakan kebohongan dan hanya karangan semata.

Mina pun kembali mengunggah dalam akun Instagram-nya berupa foto luka sayatan yang memenuhi pergelangan tangannya. Tidak hanya itu, ia bahkan menuliskan nama Jimin dalam caption-nya. Hal tersebut pun ternyata makin menarik perhatian publik.

Kemudian, Mina kembali mengunggah sebuah foto. Mina menulis dalam caption-nya bahwa ia tidak akan membawa masalah ini ke jalur hukum jika Jimin menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepadanya.

Pada Sabtu 4 Juli 2020, Mina kembali mengunggah foto di Instagram yang mengungkapkan bahwa Jimin dan seluruh personel AOA telah datang ke rumahnya untuk membahas permasalahan tersebut. Menurut Mina, Jimin telah meminta maaf kepadanya. Akan tetapi, Mina belum sepenuhnya bisa memaafkan mantan leader AOA itu karena ia tidak bisa melihat ketulusan permintaan maaf dari Jimin. Tidak lupa Mina berpendapat bahwa Jimin terlihat marah ketika mereka datang ke rumahnya.

Akhirnya Jimin mengunggah foto hitam di akun Instagram pribadinya dan menyampaikan permohonan maaf. Ia mengaku merasa bersalah akibat tindakan perundungan yang ia lakukan terhadap Mina dan meminta maaf kepada anggota AOA lainnya. Jimin mengakui telah lalai dan gagal menunaikan tugasnya sebagai pemimpin mereka.

Dalam unggahan yang telah dihapus, Mina mengatakan bahwa permohonan maaf Jimin adalah kebohongan. Mina bahkan mengungkapkan masa lalu Jimin yang kerap membawa seorang pria untuk berhubungan badan di asrama AOA dulu.

Pada hari Sabtu FNC Entertaiment selaku agensi yang menaungi Jimin memberikan tanggapan resmi yang menyatakan bahwa Jimin telah menghentikan segala aktivitasnya dan keluar dari AOA. Pihak agensi pun berjanji kepada publik bahwa ke depannya mereka akan lebih memperhatikan kondisi dan perilaku dari setiap artis di bawah naungannya.

Tidak hanya agensi Jimin, agensi yang menaungi Mina saat ini, Woori Actor, mengatakan bahwa mereka terus memantau Mina secara rutin dan memastikan Mina dalam kondisi stabil.

Penulis: Alya Iasha

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

8 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com