• kompressupj

Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini Jika Orang Terdekat Terkena Positif Covid-19


Sumber: hukumonline.com

Pandemi Covid-19 tidak kunjung berhenti, setiap harinya di Indonesia jumlah kasus positif Covid-19 masih saja bertambah. Pihak yang terdampak juga tidak memandang bulu, bisa ke semua golongan dan juga usia sehingga tidak menghalangi kemungkinan orang terdekat kita juga terdampak virus.


Namun untuk kita yang tidak terdampak, jangan sampai malah menimbulkan kepanikan sampai membuat kekhawatiran yang berlebih. Yang paling penting, kita memahami virus Covid-19 ini dan tahu harus melakukan apa.


Berikut beberapa hal yang harus Komunikan ketahui dan lakukan ketika ada orang terdekat kalian terkena virus Covid-19 menurut kesehatan.kontan.co.id.



1. Melakukan Persiapan yang Matang

Lakukan pemeriksaan dengan tepat. Jika ada salah satu anggota keluarga atau kerabat dekat yang terkena virus Covid-19, penting bagi Komunikan untuk segera memeriksa apakah kalian juga terkena virus atau tidak. Pastikan juga kebutuhan mereka, apa yang mereka butuhkan ketika sakit. Jika kerabat kalian yang terkena virus Covid-19, ajak keluarganya untuk segera memeriksakan diri.

Selain itu, Komunikan juga harus tetap rajin mencuci tangan dengan sabun, tetap menjaga jarak, serta menggunakan masker. Jangan menganggap lingkungan terdekat kita tidak bisa menularkan virus Covid-19 ini, karena virus ini bisa menempel dimana saja dan oleh siapa saja.


2. Sediakan Perlengkapan Dasar

Bantu kerabat atau keluarga terdekat kalian yang terkena virus Covid-19 untuk melengkapi beberapa kebutuhan dasar, dalam rangka mendukung proses pemulihan mereka. Barang-barang perlengkapan dasar yang diperlukan antara lain: termometer, obat untuk penurun demam, sarung tangan karet serta masker sekali pakai, obat sesuai yang diresepkan dokter, sabun dengan bahan dasar alkohol 70%, tisu kering, cairan pembersih, dan juga disinfektan.


3. Segera Lakukan Isolasi Diri

Jika ada keluarga Komunikan yang dinyatakan positif Covid-19, segera minta mereka untuk isolasi diri di rumah ataupun di rumah sakit. Jika melakukan isolasi mandiri di rumah, pastikan mereka berada di ruang kamar yang terpisah dan memiliki kamar mandi khusus untuk mereka. Pastikan juga kebutuhan mereka, mulai dari obat hingga hiburan.


Kemudian pastikan ada orang yang dapat memeriksa keadaan keluarga kalian yang terkena Covid-19, pemeriksaan harus dilakukan secara rutin. Jika Komunikan merasa keberatan melakukan itu sendiri, minta bantuan pihak rumah sakit atau kerabat dekat lainnya yang lebih siap dan paham.


4. Jaga Kebersihan Diri

Pastikan untuk selalu menggunakan masker karena kemungkinan menular juga bisa melalui udara, terlebih lagi jika Komunikan sering berinteraksi dengan mereka yang terkena Covid-19. Pisahkan juga alat-alat pribadi mereka, seperti alat makan, alat mandi, dan lainnya.


Cuci peralatan mereka dengan sabun dan air yang mengalir sampai benar-benar bersih, dan pastikan juga untuk menggunakan sarung tangan ketika hendak mencuci peralatan yang mereka gunakan.


Hindari menggunakan alat-alat bersamaan dengan mereka yang terkena Covid-19, karena kalian tidak tahu apakah barang yang sudah dicuci bersih ternyata masih meninggalkan virus dan bakteri. Rutinlah mencuci tangan kalian, atau gunakan hand sanitizer.


5. Menjaga Kesehatan

Jika Komunikan satu rumah dengan penderita Covid-19, kalian juga harus menjaga kesehatan. Jangan sampai imun tubuh menurun, karena imun tubuh yang lemah akan mempermudah masuknya penyakit. Komunikan yang tidak terkena Covid-19 juga harus melakukan isolasi diri, hindari pergi keluar rumah ataupun bekerja.


Minta bantuan kerabat terdekat untuk membawakan kebutuhan sehari-hari, seperti makanan ataupun obat-obatan. Kemudian untuk menghindari penularan di dalam rumah, pastikan sirkulasi udara di rumah kalian juga bagus. Selain itu lakukanlah olahraga secara teratur dan makan makanan yang bergizi, minumlah vitamin jika pelru.




Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

51 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com