• kompressupj

Jangan Ngaku Potterhead Kalau Kamu Tidak Tahu 5 Fakta tentang Harry Potter! Apa Saja, Ya?

Harry Potter adalah salah satu karya J.K Rowling yang hingga saat ini masih membekas di hati para penikmatnya. Bagaimana tidak, jika mendengar kata ‘sihir’ pasti yang pertama kali kita pikirkan adalah Harry Potter. Harry Potter menjadi salah satu karya milik Rowling paling populer di dunia, bahkan buku Harry Potter telah terjual sebanyak 500 juta kopi dan diterjemahkan ke dalam 80 bahasa, salah satunya Indonesia. Karena popularitas tersebut, novel Harry Potter diadaptasi ke dalam film tahun 2001 silam.


Walaupun sudah 9 tahun berlalu semenjak film terakhirnya rilis di bioskop, topik mengenai Harry Potter ini sepertinya tidak akan pernah usang untuk dibahas, terutama oleh para Potterhead (sebutan bagi para penggemar Harry Potter).


Film atau bukunya pasti memiliki kesan tersendiri, apalagi kalau sudah membicarakan fakta-fakta menarik Harry Potter. Berikut terdapat 5 fakta tentang Harry Potter yang hanya diketahui oleh para Potterhead sejati! Hmm... ada apa saja, ya?



1. Perbedaan Versi Inggris dan Amerika Pada Buku Pertama


Sumber: saviorgaming.blog


Film pertama Harry Potter yang berjudul "Harry Potter and the Sorcerer's Stone" adalah judul yang diambil dari buku terbitan Amerika, padahal buku aslinya yang diterbitkan di Inggris berjudul "Harry Potter and the Philosopher’s Stone". Alasan Rowling mengubah judul untuk buku terbitan Amerika tersebut karena kata ‘philosopher’ dianggap terlalu filosofis, sehingga ia mengubahnya menjadi ‘sorcerer’ supaya terkesan lebih familiar bagi anak-anak di Amerika.



2. Dementor dan Depresi J.K Rowling


Sumber: harrypotter.fandom.com


Jika kalian Potterhead pasti kalian tidak asing dengan karakter yang satu ini, Dementors. Makhluk hitam melayang yang suka menghisap kebahagiaan ini adalah salah satu karakter yang cukup sering hadir dan kehadirannya terbilang menyeramkan. Hal tersebut dikarenakan Dementors merupakan karakter yang dibuat oleh Rowling pada saat ia mengalami depresi di umur 20-an. Berdasarkan wawancaranya dengan Oprah Winfrey ia mengatakan jika Dementors didasari oleh “perasaan hampa” dari depresi.



3. Harry Potter Lahir di Dalam Kereta Api


Sumber: Denis Chick on Unsplash


J.K Rowling pada saat itu hanyalah seorang single-parent yang sedang mengalami kesulitan dalam hidup. Ketika ia sedang menaiki kereta api dalam perjalanannya dari Manchester ke London pada tahun 1990, ide mengenai Harry Potter si penyihir cilik muncul di kepalanya. Sejak saat itu ia menulis buku pertama serial Harry Potter, yaitu "Harry Potter and the Philosopher's Stone" hanya dengan menggunakan mesin ketik.



4. Makanan dalam Hogwarts Ternyata Nyata


Sumber: thetab.com


Salah satu adegan dalam Harry Potter yang membuat kagum penonton selain kemegahan dari Hogwarts adalah makanannya. Bagaimana tidak, mulai dari seri pertama saja penonton sudah dibuat kagum dengan variasi serta mewahnya makanan yang disajikan oleh Hogwarts. Beberapa makanan mungkin ada yang terbuat dari resin yang dicat, tapi ternyata ada juga makanan asli, salah satunya saat adegan makan besar di "Harry Potter and Goblet of Fire".



5. Tokoh dalam Lukisan Ternyata adalah Kru Tim Produksi Film


Sumber: id.bookmyshow.com


Salah satu ciri khas dari Hogwarts selain tangganya yang bisa bergerak adalah dindingmya yang dihiasi penuh oleh lukisan-lukisan manusia. Namun, Komunikan tahu tidak kalau ternyata karakter manusia dalam lukisan tersebut adalah para kru dari tim produksi film Harry Potter itu sendiri?



Dari kelima fakta tersebut, ada yang baru kalian tahu atau sudah tahu semua? Kalau tahu semua, berarti kalian adalah Potterheads sejati!




Penulis: Sitta Fauziah

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

2,042 views0 comments