• kompressupj

Intip Rahasia Tutorial Virtual Photoshoot

Updated: Jun 29, 2020

"Koneksi internet itu paling penting untuk tahap akhir dan hasil yang bagus,"


- Michael Cools, Fotografer


Mematuhi kebijakan jaga jarak sosial dan fisik (social dan physical distancing) demi menghindari adanya penyebaran Covid-19 adalah hal tepat yang kita lakukan di saat pandemi ini. Namun kegiatan tersebut ternyata membuat sebagian besar masyarakat yang memilih untuk berdiam diri di rumah merasakan kejenuhan akan aktivitas luar ruang, seperti contohnya photoshoot atau sesi pemotretan. Media sosial seperti Instagram yang platform-nya memfokuskan pada penyebaran informasi melalui bentuk visual (contoh: foto dan video) cukup memotivasi para penggunanya untuk tetap update konten walau terhalang social distancing, salah satunya dengan melakukan virtual photoshoot.

Virtual photoshoot adalah sesi pemotretan jarak jauh antara fotografer dan model dengan memanfaatkan teknologi internet dan video call. Sesi pemotretan jenis ini cukup menghemat uang karena hanya memanfaatkan barang-barang di rumah, pengambilan gambar pun bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel saja. Yuk, intip tutorial melakukan pemotretan ini dan ketahui apa rahasianya!

Pertama, tentukan siapa model dan fotografernya. Apabila kamu menjadi model, pastikan teman atau kerabat yang menjadi fotografer memiliki cukup pengalaman untuk mengambil angle foto yang bagus. Namun sebaliknya apabila teman kamu yang menjadi model, siapkan kamera atau ponsel dengan kualitas gambar yang baik.

Kedua, siapkan jadwal untuk melakukan video call dan sesi pemotretan. Pilih waktu yang tepat seperti siang atau sore hari dan manfaatkan sinar matahari agar hasil foto lebih maksimal.

Ketiga, apabila kamu sebagai model, siapkan baju favorit yang nyaman untuk digunakan. Kunci agar hasil foto terlihat natural adalah percaya diri. Salah satu faktor timbulnya kepercayaan diri seorang model fotografi adalah penggunaan baju yang nyaman membuat ia bebas berpose dan memancarkan auranya.

Keempat, perhatikan koneksi internet. Koneksi internet yang stabil akan menghasilkan kualitas gambar video call yang lebih terlihat jelas. Langkah ini menjadi kunci keberhasilan virtual photoshoot.

Kelima, siapkan properti untuk menambah estetika gambar seperti gelas, bunga, kaca, dan lain-lain. Letakkan properti ini di depan lensa kamera untuk mendapatkan hasil efek blur. Kamu juga bisa menggunakan properti ini saat berpose seperti memegang bunga atau cangkir.

Keenam, edit sesuai selera di aplikasi yang kamu miliki dan unggah ke media sosialmu!

Michael Fabian Cools, seorang fotografer profesional asal Indonesia menyatakan bahwa instinct of arts juga merupakan hal yang penting. Keunggulan seorang fotografer saat mengambil gambar dapat dilihat ketika ia mengatur komposisi visual, elemen visual, pencahayaan, hingga angle.

"Banyak banget di Instagram aku yang nge-tag dan hasilnya bagus-bagus banget. Bahkan ada beberapa yang aku nggak kepikiran tapi mereka bisa lakuin," ujar Michael dalam Era.id.

Virtual photoshoot merupakan sebuah terobosan terbaru dunia fotografi. Kegiatan ini sangat mudah dilakukan namun membutuhkan keahlian dalam menghasilkan foto yang bagus. Banyaknya peminat pemotretan jenis ini cukup membantu para fotografer maupun model freelance yang sepi akan lowongan pekerjaan di era pandemi.

Beberapa figur publik seperti Ana Octarina, Ayla Dimitri, Raisa, Marsha Aruan, Prilly Latuconsina, Jessica Iskandar, Marion Jola, hingga Mawar De Jongh juga sudah mencoba melakukan sesi pemotretan unik ini. Apakah komunikan tertarik? Jika kamu ingin mencoba virtual photoshoot sendiri ataupun bersama teman di rumah, jangan lupakan tipsnya, ya!



Penulis : Danisa Amanda Ardianti

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Emma Aliudin

9 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com