• kompressupj

Gunakan Unsur Gamelan Dan Bahasa Jawa, Lagu ‘Lathi’ Memukau Banyak Orang

Keindahan budaya tidak akan salah, dan akan selalu memukau siapapun yang melihatnya. Kata-kata tersebut sesuai dengan keindahan salah satu lagu yang dimiliki oleh Weird Genius, yang sedang digemari banyak orang akhir-akhir ini, Lathi.

Lathi berasal dari bahasa Jawa, yang memiliki arti lidah, atau bisa berupa ucapan atau tutur kata. Lagu ini dikemas dengan sangat menarik, dengan menggabungkan genre musik Electronic Dance Music (EDM), sentuhan musik gamelan, dan penggalan kalimat dalam lirik lagu yang berbahasa Jawa. Di dalam music video Lathi juga diperlihatkan beberapa budaya Jawa, seperti kuda lumping, debus, wayang, sinden, tarian khas Jawa, dan juga pakaian khas Jawa. Lagu ini menimbulkan apresiasi yang sangat besar dari masyarakat Indonesia maupun masyarakat luar negeri.

Pertama mari mengenal siapa yang ada di balik lagu Lathi. Lagu Lathi merupakan ciptaan dari grup musik asal Indonesia bernama Weird Genius, yang ada sejak tahun 2016, dan beranggotakan 3 orang, yaitu Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu. Dalam lagu ini, Weird Genius menggandeng Sara Fajira sebagai vokalis. Sara Fajira sendiri merupakan penyanyi dan rapper asal Surabaya, yang telah memulai karier bernyanyi sejak kecil, terbukti bahwa ia pernah mengikuti kontes menyanyi Idola Cilik. Ia pun sudah mempunyai beberapa lagu sendiri.

Alasan Weird Genius memilih Sara Fajira adalah, selain memiliki suara yang memukau, Sara Fajira juga paham dengan bahasa Jawa. Oleh karena itu, lirik bahasa Jawa yang ada di dalam lagu merupakan ciptaan dari Sara Fajira. Jadi mereka berempat, yaitu Reza Oktovian, Eka Gustiwana, Gerald Liu, dan Sara Fajira-lah yang menciptakan semua lirik lagu dan komponen yang ada dalam lagu tersebut.

Lirik dari lagu Lathi mempunyai arti yang sangat mendalam, menggabungkan bahasa Inggris dan bahasa Jawa. Makna keseluruhan lirik lagu Lathi menceritakan sebuah hubungan romantis yang toxic juga berisikan kebohongan dan ego, kemudian salah satu dari pasangan dengan berani ingin melepaskan diri dari ikatan hubungan tersebut. Dalam lagu menceritakan adanya sifat kuat dan keberanian yang tumbuh, akibat berada lama dalam hubungan yang tidak sehat.

Antusiasme masyarakat terhadap lagu ini sangatlah besar, dapat dilihat dari sudah sebanyak 56 juta kali video Lathi diputar di Youtube Channel Weird Genius pada bulan Juni 2020 ini. Lagu ini juga sangat viral di banyak media sosial seperti Instagram dan Tiktok. Bahkan dalam aplikasi Tiktok, terdapat challenge yang menggunakan lagu Lathi, atau yang biasa disebut “Lathi Challenge”. Dalam challenge tersebut, para pengguna Tiktok memamerkan keahilan mereka dalam merias wajah, serta menari.

Lathi ini juga banyak mendapat apresiasi dari warga asing. Dalam Youtube, ada banyak sekali video reaction dari video clip lagu ini yang sangat memukau. Mereka pun memberi tanggapan yang sangat positif, dan terlihat sangat kagum dengan apa yang mereka dengar dan mereka lihat dalam video clip lagu tersebut.

Lagu Lathi ini membuktikan bahwa karya anak bangsa tidak kalah dengan karya dari artis luar negeri. Lathi adalah salah satu bukti, karya anak bangsa dengan nuansa budaya Indonesia, dapat memukau dunia. Oleh karena itu, kita sebagai orang Indonesia harus bangga dengan segala pencapaian dan budaya yang ada di Indonesia.


Belum pernah dengar lagunya? Klik video dari youtube di bawah yaa.





Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

163 views1 comment