• kompressupj

Gedung Baru UPJ Beroperasi, Bagaimana Tampilannya?


Sumber: Kompress



Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) telah menyelesaikan pembangunan Gedung A. Tidak jauh berbeda dengan Gedung B sebelumnya, namun desain Gedung A lebih modern, lebih rapi dan perencanaannya juga lebih baik.


Lantai Koridor



Material-material bangunan Gedung A dipilih berdasarkan pengalaman sebelumnya. Material lantai Gedung A glossy sehingga mudah dibersihkan dan kotoran tidak mudah menempel.


Dari segi fasilitas, ada beberapa perbedaan antara Gedung A dan Gedung B. Pada masing-masing kelas, di dalamnya terdapat 45 kursi sesuai dengan standar kelas pada umumnya. Kelas-kelas yang terdapat di Gedung A modelnya seperti kelas yang terdapat di lantai 7 Gedung B, kursi-kursi serta tirainya pun sama.


Ruangan Theater



Gedung A memiliki dua ruangan theater dengan masing-masing kapasitas antara 150 hingga 160 orang. Ruangan ini dapat digunakan untuk kegiatan seminar atau nobar (nonton bareng). Ada juga laboratorium untuk broadcasting yang pastinya lebih besar dan lebih tinggi. Ruangan ini terbagi menjadi 2 lantai. Lantai yang atas digunakan sebagai control room sehingga lebih memudahkan bagian kontrol memantau situasi.


Dalam Gedung A terdapat penambahan fasilitas toilet untuk wanita yang sebelumnya hanya 3 bilik ditambah menjadi 5 bilik. Ada juga penambahan toilet difabel yang terdapat di per dua lantai Gedung A. Untuk mushola, tidak jauh berbeda dengan Gedung B, hanya ditambahkkan jendela agar tidak pengap, lembab, dan udara bisa masuk.


Gedung A memiliki 3 lift ditambah dengan 1 lift barang yang juga berfungsi sebagai lift darurat. Lift darurat tersebut harus sesuai dengan standar dari dinas tenaga kerja dan pemadam kebakaran.


Saat ini Gedung A sudah mulai aktif digunakan oleh mahasiswa, meskipun belum semua mahasiswa UPJ dapat menggunakan gedung tersebut karena pandemi Covid-19. Beberapa fasilitas sudah mulai digunakan untuk kegiatan Prima, Kom Awards, dan lainnya.


Ruangan marketing yang sebelumnya terdapat di lantai 2 Gedung B akan dipindahkan ke Gedung A. Lalu, ruangan marketing yang lama akan diubah menjadi perluasan kantin. Jadi, seluruh lantai 2 Gedung B akan dijadikan kantin UPJ.


Parkiran Gedung A



Fasilitas lainnya adalah parkiran. Parkiran terdapat di belakang Gedung A sudah selesai dibuat dengan kapasitas sekitar 50 sampai 70 tempat parkir mobil.


Alasan dibangunnya gedung baru tentunya karena mahasiswa UPJ setiap tahunnya kian bertambah. Diharapkan mahasiswa menjadi lebih bersemangat belajar dengan adanya gedung baru.




Penulis: Frizka Lenka

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

94 views0 comments