• kompressupj

FILM MINARI MERAIH PENGHARGAAN GOLDEN GLOBE AWARDS 2021


Photo by Montasefilm

Kali ini berita datang dari ranah perfilman yang berasal dari negara Gingseng. Ya! Korea Selatan. Sudah tidak asing jika kita mendengarkan bahwa Korea Selatan termasuk memiliki karya-karya yang sudah diakui oleh berbagai negara. Kiprahnya di dunia entertain terbilang maju, dimulai dari karya-karya musik hingga karya-karya film. Sebelumnya, negara Gingseng ini sudah membuat sebuah film yang cukup menjadi buah bibir masyarakat luas, yaitu film Parasite.

Kemenangannya membawa piala penghargaan yang cukup banyak membuat sutradara-sutradara asal Korea Selatan pun merasa tertantang untuk membuat film-film terbaik lainnya.


Kali ini, film hasil buatan Korea Selatan yang dapat menarik perhatian dunia adalah film dengan judul “Minari”. Judul ini diangkat dari salah satu sayur-sayuran yang berada di Korea Selatan, kisahnya pun menceritakan bahwa terdapat sebuah keluarga Korea Selatan yang bertahan hidup di Amerika dengan menanam tanaman Korea. Tanaman Korea itulah bernama Minari. Kemudian, pada film ini juga menjelaskan bahwa keluarga tersebut menanam minari untuk dijual di Dallas. Tentu, film ini diadaptasi dari kisah nyata sang sutradara itu sendiri, Lee Isaac Chung.


Film ini menjadi sebuah film yang membuat masyarakat di kancah International kembali menjadi perbincangan. Bagaimana tidak? Film ini berhasil masuk ke dalam nominasi Oscar 2021, dimana ajang ini sudah banyak mengetahui bahwa termasuk ke dalam ajang bergengsi di dunia perfilman. Tidak tanggung-tanggung, film Minari termasuk ke dalam 6 nominasi film terbaik di ajang Oscar 2021. Namun, tidak hanya masuk dalam nominasi, film ini juga membawa pulang 6 piala penghargaan, bak film Parasite kala itu. Belum merasa puas, film Minari kembali masuk dalam ajang bergengsi lainnya di Academy Awards.


Fakta-fakta lainnya selain diadaptasi dari kisah nyata, bahkan sang sutradara, Chung merasa tidak menyangka bahwa karya film nya mendapat penghargaan sebanyak itu, bahkan filmnya juga masuk ke dalam festival film Cannes, juga memenangkan Grand Jury Prize di Sundance Film Festival 2020, juga U.S Dramatic Audience Award di ajang yang sama. Lagi-lagi festival film tersebut terbiang bergengsi. Maka, sang sutradara benar-benar tidak menyangka bahwa karyanya terbilang sukses.


Selain fakta-fakta penghargaanya, namun tahukah Komunikan bahwa Minari adalah sebuah sayuran yang dipopulerkan oleh kerajaan Korea kala itu. Sayuran Minari menjadi makanan bangsawan pada saat itu hingga kemudian sayuran ini dikonsumsi oleh rakyat jelata yang membuat sayuran ini dapat dinikmati oleh semua kalangan. Fakta lainnya juga pengambilan gambar Minari memakan waktu 25 hari dan dilakukan di sekitar Tusla, Oklahoma. Sempat menjadi perdebatan di ajang Golden Globe, pasalnya film ini diproduksi di Amerika meskipun menggunakan bahasa asing (Korea Selatan) sebanyak 51 persen.


Tak kalah menarik, bahwa secara fakta film Minari mempekerjakan lebih dari 170 anggota industri di Oklahoma, sembari memanfaatkan layanan dari sejumlah bisnis local untuk kebutuhan produksi seperti persewaan peralatan, penginapan dan catering.


Karena banyaknya fakta menarik dalam film ini, membuat film ini menjadi buah bibir masyarakat, apalagi penghargaanya sudah didapatkan di banyak ajang-ajang bergengsi International.


Nah! Bagaimana Komunikan? apakah kamu menjadi tertarik untuk menonton film Minari? Atau bahkan kamu salah satu yang sudah menonton film Minari? Yuk! Tetap menggali kemampuanmu dan kekreativitasanmu agar kelak mungkin kamu menjadi salah satu bagian dalam karya-karya yang harum namanya di kancah International!


Source:


https://food.detik.com/info-kuliner/d-5497645/5-fakta-sayur-minari-yang-menginspirasi-film-korea-minari/2

https://tirto.id/sinopsis-film-minari-yang-masuk-6-nominasi-oscar-2021-gbfZ

https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/17/103401366/5-cerita-di-balik-sukses-film-minari-diangkat-dari-kisah-nyata?page=all


Penulis: Natasha Nadya

Editor: Alya

Approved by: Naurissa Biasini


6 views0 comments