• kompressupj

Dita Karang, Idol K-Pop Wanita Pertama Asal Indonesia


Sumber foto: instagram.com/secretnumber.official

Belakangan ini industri musik sedang ramai memperbincangkan idol K-Pop pertama yang berasal dari Indonesia yaitu Dita Karang. Dita adalah salah satu anggota dari girl group Korea Secret Number yang dinaungi oleh Vine Entertainment.

Wanita kelahiran Yogyakarta, 25 Desember 1996 ini memiliki nama lengkap Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang. Dita juga berasal dari keluarga keturunan kerajaan dan kesatria di Bali. Dita adalah lulusan dari sekolah seni ternama yang berada di Amerika Serikat yaitu American Musical and Dramatic Academy jurusan Performing Arts pada tahun 2017 lalu.

Sebelum bergabung dengan Secret Number, Dita sering mengikuti audisi-audisi idol lain namun tidak diterima. Dita juga pernah mengikuti akademi pelatihan tari di 1Million Dance dan Born Star Attaining Center.

Pada akhirnya Dita berhasil lolos audisi bersama Vine Entertainment dan menjalankan masa trainee selama kurang lebih dua tahun. Selain belajar menari dan menyanyi, Dita juga menjalankan les untuk Bahasa Korea setiap harinya.

Secret Number debut pada 19 Mei 2020 dengan single berjudul “Who Dis”, bersama keempat anggota lainnya yaitu Jinny, Lea, Soodam, dan Denise. Kehadiran Secret Number dalam dunia K-Pop menarik perhatian para penggemar karena girl group ini memiliki anggota yang berasal dari berbagai negara.

Lea sebagai leader dan vocal berasal dari Jepang, Denise sebagai main vocal dan Jinny sebagai main rapper sama-sama berasal dari Amerika, Soodam sebagai visual yang berasal dari Korea, dan Dita yang berasal dari Indonesia. Wanita cantik yang memiliki tinggi 166 cm ini mendapat posisi sebagai main dancer dan lead vocal di Secret Number.

Popularitas Dita Karang juga mencuri perhatian media Korea Selatan seperti pada Korea Joy News dan Sports Seoul. Artis tanah air Dian Sastro ternyata juga sudah mengenal sosok Dita Karang dari kecil, sehingga saat Dita melaksanakan debutnya bersama Secret Number, Dian Sastro memberikan apresiasi melalui Instagram Stories-nya.

Sebagai member yang berasal dari Indonesia, ternyata Dita juga sering mengajarkan anggota lainnya untuk berbahasa Indonesia. Jinny adalah anggota Secret Number yang paling bersemangat untuk belajar bahasa Indonesia, hal ini diungkapkan oleh Dita.

“Member-member yang lain juga suka aku ajarin, tapi paling sering Jinny kayaknya. Dia tuh suka ‘ajarin dong bahasa Indonesia, ajarin dong sedikit-sedikit’ katanya,” terang Dita.

Selain mengajarkan bahasa Indonesia, Dita juga sering memberikan masakan Indonesia kepada anggota Secret Number dan mereka menyukainya.

Setelah lagu “Who Dis” berhasil mencuri perhatian global, Secret Number juga memperkenalkan single kedua dari mini album mereka yang berjudul “Holiday” pada tanggal 26 Mei 2020.

Selamat ya untuk Dita sudah membanggakan Indonesia, ditunggu comeback selanjutnya!


Penulis: Tigy Ambar Silvanari

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

54 views0 comments