• kompressupj

Cegah Stress dan Anxiety dengan Meditasi


Sumber: unsplash.com


Hai, Komunikan! Seperti yang kalian tahu, belum lama ini tanggal 10 Oktober 2020 adalah hari kesehatan mental dunia atau World Mental Health Day. Hari kesehatan mental ini selalu diperingati setiap tahunnya pada 10 Oktober.


Berbicara soal gangguan kesehatan mental, banyak yang dapat kita bahas dari berbagai sisi, salah satunya adalah membahas penyebab mengapa gangguan pada kesehatan mental tersebut dapat terjadi. Salah satu penyebab awalnya mungkin bisa juga karena menderita stress kronis yang tidak ditangani sehingga mengalami stress yang berkepanjangan. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk mencegah stress berkepanjangan, salah satunya meditasi.


Apa yang ada di dalam pikiran Komunikan ketika mendengar kata "meditasi"? Dilansir dari Kompas.com, meditasi adalah sebuah latihan yang biasanya memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah ketenangan pada pikiran dan tubuh yang rileks. Nyatanya, banyak sekali manfaat yang bisa kalian rasakan ketika memutuskan untuk melakukan meditasi di sela-sela waktu keseharian. Penasaran kan, ada apa saja manfaatnya?


Kali ini, KOMPRESS akan membagikan tutorial meditasi kepada Komunikan tanpa memerlukan alat apapun. Tutorial ini dianjurkan bagi pemula yang baru pertama kali mencoba meditasi. Ada 8 cara yang dapat Komunikan terapkan untuk melakukan kegiatan meditasi, yaitu:



1. Cari Posisi Enak Versi Kalian


Menentukan posisi untuk melakukan meditasi tentu saja menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan gerakan meditasi selanjutnya. Posisi yang nyaman akan mempengaruhi Komunikan dalam berkonsentrasi dengan baik nantinya selama meditasi. Selain itu memilih penempatan ruangan meditasi yang nyaman menjadi pertimbangan baik untuk dilakukan.


Misalnya ketika kalian memutuskan untuk melakukan meditasi di dalam ruangan yang tertutup dapat membuat tubuh menjadi rileks. Selain itu, mungkin kalian juga bisa menambahkan lilin aroma terapi, kemudian coba untuk mematikan lampu ruangan agar kalian lebih bisa berkonsentrasi.


2. Gunakan Pakaian yang Nyaman


Ketika meditasi, cobalah menggunakan pakaian yang nyaman. Sebaiknya, hindari menggunakan pakaian bahan jeans dan ketat karena nantinya akan membuat Komunikan menjadi tidak nyaman serta dapat menghilangkan konsentrasi pada saat meditasi.


3. Buat Tubuh rileks


Untuk memulai kegiatan meditasi bagi Komunikan yang masih pemula, cobalah pasang alarm pada smartphone kalian, kemudian atur durasi selama 5 menit. Apabila nantinya kalian sudah terbiasa maka kalian bisa melakukan meditasi dengan durasi hingga satu jam.


Selain menentukan durasi yang akan dilakukan, untuk membuat tubuh menjadi rileks hal pertama yang wajib dikerjakan adalah menutup kedua mata dan ambil napas melalui hidung, lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan hal tersebut selama beberapa kali hingga kalian bisa merasakan tubuh sudah benar-benar rileks. Rasakan energi positif yang masuk ke dalam tubuh, disarankan saat menghela napas kalian bayangkan semua stress atau pikiran yang mengganggu ikut terbuang.


4. Buang Semua Pikiran Negatif


Tujuan dari meditasi adalah untuk memberikan ketenangan pada pikiran, maka hal yang dapat Komunikan lakukan selanjutnya adalah membuang segala pikiran negatif yang ada selama ini sembari mengatur napas. Dengan melakukan hal tersebut, tanpa sadar alam bawah sadar kita secara tidak langsung akan membantu melepaskan energi negatif yang ada di kepala.


5. Fokus Pada Awal Tujuan Melakukan Meditasi


Sebelum meditasi, Komunikan harus mengingat kembali apa yang menjadi alasan kalian ingin melakukan meditasi. Apakah ingin menghilangkan stress, menghilangkan kecemasan, mengasah kreativitas, atau mungkin hanya ingin membangun hubungan secara spiritual? Kalian harus mengingat hal tersebut agar meditasi yang dilakukan membuahkan hasil yang diinginkan.


6. Fokus pada Sistem Pernapasan


Saat meditasi, cobalah memfokuskan perhatian kalian pada hal-hal yang positif. Dengan berkonsentrasi penuh melakukan tarikan dan hembusan napas, secara tidak langsung kita bisa menyadari bahwa ternyata semua pikiran tentang kehidupan sehari-hari bisa hilang dengan sendirinya.


7. Amati Proses Pernapasan yang Dilakukan


Fokus terhadap tarikan serta hembusan napas yang dilakukan. Jangan mencoba kembali untuk mengingat apa yang menjadi beban pikiran yang dirasakan sebelumnya. Jangan mencoba untuk mengamati napas dengan berpikir, tetapi coba rasakan.


8. Konsentrasi dan Jangan Mudah Terganggu


Dalam melakukan meditasi, pastikan untuk selalu berkonsentrasi dan mengatur pikiran agar tidak mudah terganggu. Dalam proses meditasi yang dilakukan, pasti akan ada masa di mana kita akan memikirkan hal-hal lain. Maka dari itu, berusahalah untuk kembali fokus dengan pernapasan kemudian segera buang pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut.



Ternyata meditasi tidak sesulit yang dibayangkan kan, Komunikan? Yuk, kita coba lakukan meditasi agar pikiran menjadi lebih tenang!




Penulis: Anandra Septiany

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

31 views0 comments