• kompressupj

Cari Duit Lewat TikTok? Emang Bisa?


Sumber: Unsplash



Komunikan, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap semangat selalu dalam menjalani kegiatan terutama buat kalian yang saat ini sedang dilanda banyak tugas, jangan patah semangat! Kalau ingin sedikit hiburan, gimana? Nah, salah satu aplikasi yang bisa kalian pakai untuk refreshing pikiran adalah TikTok.


Siapa tidak kenal dengan aplikasi satu ini? Aplikasi yang sedang digemari banyak orang karena mudah digunakan dan banyak informasi di dalamnya. Di Indonesia, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh serta digunakan oleh masyarakat. Hal tersebut terbukti dari Indonesia menempati posisi kedua untuk pengguna paling banyak dari aplikasi yang satu ini.


Dilansir dari Liputan6.com data per Juli tahun 2020, berdasarkan hasil riset pasar yang dilakukan oleh perusahaan, TikTok saat ini sudah mengantungi lebih dari 62,5 juta unduhan, setara dengan 21,4 persen peningkatan dari periode yang sama pada tahun 2019.


Pihak dari perusahaan, Julian Chan, mengatakan bahwa untuk negara-negara dengan pengguna aplikasi TikTok terbanyak selama periode ini dinobatkan untuk kedua negara yaitu Amerika Serikat dan Indonesia. Pertama untuk negara Amerika Serikat jumlah pengguna TikTok sebesar 9,7 persen. Sedangkan yang kedua untuk pengguna aplikasi TikTok dari Indonesia yakni sebesar 8,5 persen.


Kali ini, KOMPRESS akan membahas bagaimana cara beriklan di TikTok. Hal ini bisa Komunikan manfaatkan untuk mendapat penghasilan atau keuntungan apabila kalian sedang mengembangkan sebuah bisnis. Kini, kalian bisa kaya dengan menggunakan TikTok Ads.



Dilansir dari Glints.com ada beberapa cara yang dapat Komunikan lakukan sebelum beriklan di TikTok, di antaranya:


1. Membuat akun khusus untuk TikTok Ads


Hal pertama yang perlu teman-teman lakukan adalah membuat akun TikTok Ads. Cara membuatnya, kalian dapat mengunjungi situs TikTok Ads, lalu klik "Create an Ad Button" yang berada di pojok kanan atas.


2. Membuat "campaign" di TikTok Ads


Setelah teman-teman memiliki akun TikTok Ads, hal yang dapat dilakukan adalah membuat campaign di TikTok Ads. Ketika sudah punya akun, nanti secara otomatis di dashboard akun Komunikan akan muncul berbagai macam menu pilihan yang dapat digunakan.


Untuk membuat campaign, kalian bisa memilih menu bertuliskan "campaign" kemudian klik tombol "create" untuk memulai TikTok Ads. Setelah melakukan hal tersebut, jangan lupa untuk menetapkan tujuan campaign yang ingin dilakukan terlebih dahulu. Untuk hal ini, Komunikan bisa memilih tiga opsi yakni traffic, conversions, dan app install.


3. Menetapkan penempatan TikTok Ads secara detail dan menetapkan target audience


Langkah berikutnya adalah menetapkan penempatan untuk iklan dan menentukan target pasar yang akan dijangkau dari iklan yang Komunikan buat. Untuk menetapkan penempatan iklan yang telah dibuat, diperlukan penempatan yang tepat agar kalian dapat menjangkau target pasar lebih banyak. Selain di aplikasi TikTok, Komunikan juga bisa menempatkan iklan ke aplikasi lainnya seperti BuzzVideo, News Republic, dan masih banyak lagi.


Sedangkan untuk menentukan target pasar yang tepat dan sesuai dengan produk yang kalian iklankan, Komunikan bisa membuat list target audience sesuai dengan yang ingin kalian sasar menjadi target pasar utama. Caranya, kalian dapat menentukan umurnya berapa, jenis kelaminnya, minat dan masih banyak lagi. Disarankan mengisi target audience secara spesifik agar iklan tersebut bisa sampai kepada target audience.


4. Menentukan pembayaran dan jadwal


Selanjutnya yang tak kalah penting adalah menentukan jumlah pembayaran dan jadwal yang ingin kalian buat. Komunikan bisa memilih untuk iklan ini akan dijalankan dalam beberapa hari atau beberapa minggu sesuai dengan keinginan. Selain itu, kalian juga bisa menetapkan jumlah pembayaran sesuai dengan kebutuhan.



Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Komunikan tinggal menunggu persetujuan dari TikTok untuk me-review iklan kalian terlebih dahulu. Jika sudah disetujui oleh pihak TikTok, hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memantau iklan yang sudah dibuat pada dashboard aplikasi.


Tetapi sebelum memutuskan beriklan di TikTok, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Dilansir dari Liputan 6.com, aplikasi TikTok bukanlah platform yang tepat untuk semua jenis bisnis. Jadi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti mempelajari platform-nya dan mengetahui jenis-jenis iklan yang ditawarkan oleh TikTok.


Itu dia tutorial untuk beriklan di aplikasi TikTok. Selamat mencoba dan semoga berhasil!





Penulis: Anandra Septiany

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

20 views0 comments