• kompressupj

CAREREERS, VIRTUAL JOB FAIR UPJ 2021


Sumber Foto : Panitia Carereers 2021


Analisis big data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat lowongan kerja memang menyusut. Jumlah iklan lowongan Januari 2020 sempat mencapai pada angka 12.168, lalu turun menjadi 11.103 (Maret), 6.134 (April), dan 3.726 (Mei). Jumlah perusahaan yang menawarkan lowongan kerja juga menurun. BPS mencatat ada lebih dari 500 perusahaan yang menawarkan lowongan di jobs.id tiap bulannya hingga Maret 2020. Namun jumlahnya berkurang 50% menjadi 268 (April 2020) dan 207 (Mei 2020). COVID-19 juga menimbulkan ketidakpastian dan juga memperlambat perekonomian bagi para pengusaha hingga berujung pada PHK.


Oleh karena itu, Kelas Public Relations A 2018 membuat CAREREERS Virtual Job Fair 2021 dengan tujuan mempersiapkan bekal untuk terjun ke dunia kerja serta membantu para pencari kerja mendapatkan channel untuk mendapatkan kerja.


CAREREERS 2021 dengan tagline “We Care About Your Careers” merupakan agenda yang pertama kali diadakan pada tanggal 2-3 Juni 2021 dengan menggunakan konsep virtual, di mana peserta dibawa ke dunia pekerjaan sehingga peserta bisa terbantu dengan acara ini bisa menambah wawasan dan membantu menyebarkan SDM ke perusahaan. Sehingga SDM yang dihasilkan bisa berkualitas.


Acara ini menghadirkan berbagai narasumber dan mengundang berbagai macam perusahaan dari berbagai bidang seperti finance, start up, food and beverage, dan lainnya. Rangkaian kegiatan yang ditawarkan dalam acara CAREREERS 2021 yaitu seminar daring yang berjudul “ICU (Interview & CV U Need To Set Up Your Carrier” dan “Find Your Own Journey, Your Future Awaits”, Knowledge Sharing, dan Virtual Job Fair.


Kegiatan pertama yaitu seminar daring menghadirkan Yova Sianturi (HR Content Creator), M Arya Ondrio (Country Lead Talent & Excitement), M. Ario Dimas (Vice President Loket.com), dan Alio Noorayu Laksono (Staff Khusus KEMENPORA RI), Seminar daring ini membahas mengenai pembahasan tips atau cara agar CV bisa terlihat menarik dan pembahasan mengenai pengalaman seseorang dalam berkarir. Kedua seminar daring tersebut diharapkan bisa membantu untuk menambah wawasan dan kemampuan untuk berkembang dan bertumbuh.


Kegiatan kedua yaitu Knowledge Sharing (Company Profile Presentation), dengan mengundang perusahaan PT. Cosan Lifewater Indonesia dan Katalogue Coffe , yang membahas informasi seputar culture perusahaan pada industri di era saat ini sehingga para peserta dapat menambah pengetahuan mengenai industri saat ini.


Kegiatan terakhir yaitu virtual job fair yang diadakan menggunakan website untuk memfasilitasi para peserta dalam melamar pekerjaan di perusahaan yang akan bekerja sama dengan acara CAREREERS 2021. Kegiatan ini dilakukan dalam waktu satu minggu registrasi dan pelamaran pekerjaan pada saat acara inti berlangsung.


Acara ini berjalan dengan sukses karena menghadirkan 2.356 peserta yang sudah berpartisipasi di acara CAREREERS 2021. Dengan diadakan acara ini diharapkan dapat menambahkan ilmu dan juga peluang bagi para pencari kerja

Penulis : Fauzi Firmansyah, Vira Haerunnisa, dan Rahmi S. Habibpti

Editor : Naurissa Biasini



54 views0 comments