• kompressupj

Bimbingan Kelas Editing Divisi Non Akademik HIMAKOM UPJ


Sumber foto: Zoom Meeting HIMAKOM UPJ
Bimbingan Kelas Editing Divisi Non Akademik HIMAKOM UPJ

Pada hari Kamis, 15 Oktober 2020 Himpunan Mahasiwa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) bagian Divisi Non Akademik menyelenggarakan salah satu program kerja yaitu kelas editing. Program kerja ini diselenggarakan secara daring yang diperuntukkan bagi para mahasiswa baru Ilmu Komunikasi angkatan 2020.


Acara kelas editing yang diselenggarakan oleh HIMAKOM angkatan 2020/2021 guna membantu para mahasiswa baru dalam memulai proses belajar yang akan dijalani. Selain itu, kelas editing ini berguna untuk mengasah kreativitas mahasiswa baru Ilmu Komunikasi ketika nanti menjalani masa kuliah mereka.


Kegiatan ini bersifat wajib. Meskipun kelas editing diselenggarakan secara daring, hal ini tidak menghambat semangat para mahasiswa baru yang terlihat antusias ingin mempelajari tentang editing serta memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk awal perkuliahan mereka.


Kelas editing ini menjelaskan bagaimana cara menggunakan Canva, Picsart, Adobe Photoshop, Adobe Photoshop Lightroom. Selain itu juga diajarkan produk Adobe yang lainnya, seperti Adobe Ilustrator, Adobe Premiere dan aplikasi desain lain seperti Designbold, Visme, Snappa dan Gravit Designer.


Canva adalah sebuah aplikasi untuk desain grafis online yang menghubungkan penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif. Aplikasi ini bisa digunakan dalam membuat tugas presentasi, poster, dan lain-lain. Picsart biasa digunakan sebagai alat untuk meng-edit foto agar terlihat lebih menarik, estetik atau sesuai dengan selera pengguna aplikasi tersebut.


Adobe Photoshop berguna sebagai perangkat lunak buatan yang digunakan untuk edit gambar atau foto dan pembuatan efek. Aplikasi ini memiliki banyak fitur kompleks di dalamnya karena pada dasarnya aplikasi ini digunakan oleh para profesional yang bekerja di bidang grafis dan sebagainya.


Selain Adobe Photoshop, terdapat juga aplikasi Adobe Photoshop Lightroom yang merupakan sebuah software buatan Adobe yang khusus diperuntukkan bagi dunia fotografi. Adobe Photoshop Lightroom dan Adobe Photoshop memiliki kesamaan untuk digunakan namun kedua perangkat lunak tersebut memiliki perbedaaan yang terletak pada pengelolaan warna foto yang lebih lengkap serta tata cara penggunaan yang lebih mudah.


Setelah selesai memberi penjelasan mengenai aplikasi-aplikasi tersebut, para kakak tingkat (HIMAKOM) membuka sesi tanya-jawab untuk seluruh partisipan kelas editing.


Ketika sesi tanya-jawab dibuka, mahasiswa-mahasiswa baru cukup antusias menanyakan beberapa hal yang penting bagi mereka seperti kendala dalam membuat daftar pustaka secara otomatis pada Microsoft Word, cara membuat PowerPoint yang menarik dan bagaimana menulis kalimat serta paragraf yang baik dan benar.


Kelas editing ini berjalan lancar dengan dihadiri oleh ratusan partisipan yang aktif menjalani diskusi. Besar harapan HIMAKOM sebagai penyelenggara kelas editing agar para mahasiswa baru 2020 terbantu dari apa yang telah dijelaskan.





Penulis: Alana Andrawina

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

42 views0 comments