• kompressupj

Bikin IG Filter Pakai 1 Aplikasi? Bisa Banget!



Halo, Komunikan. KOMPRESS kembali dengan tutorial yang pastinya bisa kalian praktikkan, nih! Kali ini, kita akan bahas cara membuat filter Instagram dengan menggunakan satu software saja. Software yang kita pakai adalah Spark AR Studio.


Software ini memberikan kesempatan bagi kalian yang ingin mencoba buat filter Instagram sendiri, karena penggunaannya cukup mudah. Komunikan bisa menggunakannya melalui website resmi Spark AR Studio atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store untuk pengguna Android dan Apple Store untuk pengguna iOS.


Pastikan kalian terkoneksi dengan akun Facebook sebelum menggunakan aplikasi ini ya, Komunikan. Nantinya, akun Facebook kalian akan dihubungkan ke akun Instagram juga. Bagaimana cara membuat filter-nya? Ini dia step-by-step-nya!


1. Unduh aplikasi Spark AR Studio.

2. Buka aplikasinya, kemudian tab sampel dan pilih opsi “Face Distortion”.

3. Setelah itu, pada bagian sisi kiri jendela tampilan terdapat tab bertuliskan “Scene”, kemudian cari dan pilih opsi “faceMesh_ Distortion”.

4. Lihat sisi kanan tampilan, cari opsi “Deformation”. Sebaiknya diperbesar agar mudah mengerjakannya.

5. Setelahnya di bagian bawah kalian pilih “Blend Shapes”, kemudian atur slider untuk menyesuaikan distorsi wajah.


Itu dia cara untuk membuat filter wajah. Kalau Komunikan ingin membuatnya dalam bentuk video, kalian bisa lakukan cara di bawah ini:


1. Pada tampilan layar di bagian ujung kiri jendela, temukan ikon bergambar kamera dan klik.

2. Setelah mengklik ikon kamera, pada tampilan akan ada beberapa wajah yang muncul. Pilih salah satunya.

3. Jika kalian memiliki webcam yang sudah terpasang pada komputer kalian, kalian akan melihat tombol untuk mencoba tepat di atas wajah. Tekan tombol tersebut untuk mencoba secara langsung.

4. Filter kalian harus secara otomatis diperbarui dan diterapkan ke wajah baru. Buat penyesuaian tambahan yang kalian suka, kemudian simpan di project.


Setelah Komunikan selesai, kalian bisa unggah filter kalian ke platform yang ingin kalian pakai. Perlu diingat kalian hanya bisa memilih salah satu, Facebook atau Instagram. Pertama, kalian harus meng-export filter kalian terlebih dulu, baru setelahnya kalian masuk ke website Spark AR Studio untuk mengunggah filter kalian. Sesudahnya, Komunikan hanya perlu drag filter kalian ke "Effect Icon". Pastikan kalian mengunggahnya sampai selesai, ya.


Kemudian, Komunikan bisa mencoba filter yang sudah kalian buat dan membagikannya ke followings kalian. Menarik, bukan? Silakan dicoba dan semoga berhasil!





Penulis: Anandra Septiany

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

14 views0 comments

Recent Posts

See All
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com