• kompressupj

Apa Perbedaan Serum dengan Ampoule?



Sumber: Beautynesia.id dan Kholic.id


Komunikan, siapa yang suka menggunakan skincare? Kulit wajah wanita-wanita Korea terlihat glowing, lembab dan cerah pun rahasianya adalah rajin menggunakan skincare. Skincare sangat penting untuk kulit kalian, bahkan sebelum memulai make-up pun harus menggunakan skincare terlebih dahulu sebagai barrier antara kulit wajah dengan make-up.


Skincare memiliki langkah-langkah yang harus dilalui, seperti double cleansing, facial wash, toner, essence, serum, ampoule, sun screen, day cream atau night cream. Banyak sekali, bukan? Lalu, apakah sebenarnya kulit kita membutuhkan perawatan sangat lengkap seperti menambahkan serum dan juga ampoule ataukah kita cukup memilih salah satunya saja?


Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita bahas!


Sumber: journal.sociolla.com

Serum memiliki kemasan botol kecil dengan pipet, memiliki tekstur cair, gel dan oily, memiliki partikel kecil yang dapat menyerap secara efektif ke dalam kulit wajah. Serum mengandung bahan aktif seperti vitamin C, AHA, hydroxycitric acid, dan peptida untuk merangsang pertumbuhan sel, memiliki konsentrasi yang cukup untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti menyamarkan noda bekas jerawat, pigmentasi, kulit kusam, garis halus, keriput dan kerutan di wajah.


Jenis-jenis serum juga beragam. Ada yang untuk kulit sensitif, berjerawat, kulit kering, anti-aging, dan yang dapat menghilangkan kemerahan. Takaran untuk menggunakan serum cukup dengan satu sampai dua tetes saja lalu ratakan ke seluruh wajah kalian dan tunggu hingga menyerap. Kemudian, Komunikan bisa melanjutkan ke step skincare berikutnya.


Sumber: cosrx.com

Komunikan sudah tahu apa itu ampoule? Ampoule adalah inovasi menarik dari Korea yang cocok dijadikan rutinitas skincare kalian. Produk skincare ini mungkin sedikit membingungkan karena dari teksturnya mirip sekali dengan serum.


Perbedaan antara serum dengan ampoule yaitu tekstur ampoule lebih kental dan kandungannya lebih tinggi, biasanya ampoule digunakan untuk mengatasi masalah kulit secara cepat atau memiliki konsentrasi tinggi sehingga dapat mem-booster kulit agar hasilnya lebih efektif dan maksimal. Bahan yang terkandung di dalam ampoule di antaranya peptida, vitamin, ekstrak tumbuhan, dan asam esensial. Karena ampoule dapat mem-booster kulit dengan cepat, penggunaannya tidak setiap hari seperti serum. Komunikan cukup menggunakannya ketika kondisi wajah bermasalah.

Bagaimana cara memilih ampoule dan serum yang cocok dengan kulit kita? Komunikan harus menyesuaikan kandungan dengan jenis permasalahan kulit. Kalian bisa melihat di keterangan ingredients pada kemasan ampoule dan serum.


Jika kalian memiliki kulit kering maka pilihlah serum dan ampoule yang memiliki kandungan hyaluronic acid tinggi, karena dapat melembabkan kulit dan meningkatkan kadar air pada kulit. Hindari kandungan salicylic acid, peroxide, benzoyl danretinoid.


Jika kalian memiliki kulit keriput dan flek hitam maka pilih kandungan anti-aging seperti niacinamide, kolagen, retinol, antioksidan, cica, dan ceramide. Jika kulit kalian berminyak dan mudah berjerawat maka pilihlah kandungan berbahan Centella asiatica, BHA, green tea dan tea tree untuk mengatasi pori-pori yang besar dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Jika kulit kalian sensitif, pilih kandungan berbahan propolis seperti calendula, oat dan chamomile serta hindari penggunaan fragrance dan paraben.

Itulah perbedaan serum dengan ampoule. Komunikan lebih memilih yang mana, nih?



Penulis: Annisya Ristifani

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Emma Aliudin

920 views0 comments