• kompressupj

Aman dan Nyaman dengan Rapid Test di Bandara Soekarno Hatta



Ingin bepergian tapi ribet dengan tes Covid-19? Sekarang sudah ada Rapid Test Drive Thru di Bandara Soekarno Hatta.

Bandara Internasional Soekarno Hatta adalah bandara utama Indonesia yang memiliki banyak fasilitas cukup baik, seperti kereta yang langsung menuju bandara, penyewaan Wi-Fi mobile untuk keluar negeri, fasilitas concierge express dan yang terbaru yaitu Rapid Test virus corona, dilakukan secara Drive Thru.

Rapid Test adalah langkah awal untuk mendeteksi antibody IgM dan Igd, berfungsi untuk melawan virus corona. Langkah ini menjadi salah satu evaluasi bagi pihak Bandara Soekarno Hatta karena sempat menerbangkan penumpang yang positif Covid-19 dan mendarat di Sorong, serta sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Bandara Soekarno Hatta mewajibkan setiap penumpang melakukan Rapid Test Drive Thru, terletak di kawasan Soewarna Business Park yang bekerjasama dengan laboratorium Klinik Berlian dan didukung oleh Realy Tech. Rapid Test sudah beroperasi sejak 22 Juni 2020 dengan jam operasional pukul 04.00 – 20.00 WIB.

Biaya Rapid Test terbilang tidak mahal yaitu Rp200.000,00 dan hasilnya akan keluar dalam waktu 7 - 10 menit, terdapat 8 loket dan 20 tenaga medis.

“Adanya Drive Thru Rapid Test Covid-19 ini membuat para calon penumpang nyaman dan aman sebelum melakukan perjalanan jauh karena tidak perlu turun dari kendaraan dan hasilnya pun cepat keluar, intinya kami menjalankan Rapid Test ini sudah menyesuaikan prosedur penanganan Covid-19 yang diberlakukan pemerintah. Bahkan, tenaga kesehatan yang bertugas di sini seluruhnya kami lindungi dengan APD yang lengkap,” ujar Dokter Zulfikar.

Setelah melakukan Rapid Test, apabila hasilnya menunjukan reaktif maka akan diberikan rujukan rumah sakit penanganan Covid-19 dan menjalankan perawatan di rumah sakit pemerintah. Jika hasilnya negatif, maka akan diberikan surat keterangan sehat yang digunakan sebagai salah satu syarat penerbangan.

Bagi calon penumpang yang hasil Rapid Test-nya negatif bukan hanya mendapatkan surat keterangan sehat, tapi juga mendapatkan masker dengan kualitas medis yang baik.

“Untuk melakukan Rapid Test,terlebih dahulu melakukan pembayaran di kasir lalu ke loket 1 untuk mengambil sample darah lalu menunggu untuk hasil, lumayan cepat ya sekitar 3-5 menit. Seneng ya soalnya memudahkan kita dan harganya jauh lebih terjangkau dibanding melakukan Rapid Test di tempat lain,” ujar Indah, salah satu calon penumpang.

“Sangat membantu sekali, karena beberapa kali harus melakukannya di rumah sakit dulu, di lab dulu ambilnya malam. Ini sekarang hanya 10 menit, layanan ini sangat membantu bagi pekerja dinas,” terang Inne Sukmawati, penumpang lainnya, kepada TvOne News.

Selain kemudahan dan kecepatannya, pemberlakuan jaga jarak juga menjadi salah satu faktor kenyamanan. Hal ini disampaikan oleh Dani Barlela Rizki sebagai penanggung jawab Rapid Test Drive Thru.

“Kita melakukan sesuai dengan Kementerian Kesehatan, prosedur jaga jarak. Masing-masing keluarga dengan mobilnya akan diberikan jarak yang tentu akan lebih aman,” ujar Dani kepada TvOneNews.

Dalam sehari, jumlah orang yang melakukan Rapid Test mencapai 200 orang. Rapid Test Drive Thru ini diharapkan menjadi solusi untuk menekan angka positif Covid-19.

Penulis: Avifah Yuthika

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Emma Aliudin

9 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com