• kompressupj

Akan Buka Blokir Netflix, Ini Syarat dari Telkom


Sumber: tekno.kompas.com


Salah satu perusahaan provider terbesar di Indonesia, Telkom Group akan segera membuka blokir Netflix dalam hitungan minggu. Para pelanggan jaringan Telkom Group termasuk Telkomsel dan Indihome akan dapat menikmati layanan on-demand video streaming Netflix sebentar lagi. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Telkomsel Setya Hantoro dalam salah satu diskusi webinar Industri Telekomunikasi yang diselenggarakan Tempo pada Jumat (12/6/2020) lalu.

“ini bocoran sedikit, kami memang sedang bicara serius dengan Netflix. Kita tahu mengapa Telkom Group dulu tidak memperbolehkan pelanggannya untuk mengakses Netflix itu karena alasan etik. Ada beberapa hal yang memang disepakati pihak Netflix saat ini terkait kebijakan konten,” jelas Setya Hantaro dikutip Tekno Liputan6.com.

Seperti yang kita ketahui bahwa Telkom Group memang tidak mengizinkan akses untuk Netflix bagi para pelanggan Telkom Group seperti Telkomsel dan Indihome sejak Januari 2016 silam. Alasan Telkomsel memblokir Netflix karena alasan etika, Netflix dinilai tidak mematuhi regulasi pemerintah terkait dengan take down konten negatif.

Sebelumnya ketika dikonfirmasi Direktur Utama Telkom Rririek Andriansya menyebutkan bahwa Telkom Group tengah mempertimbangkan kesanggupan Netflix dalam memenuhi regulasi pemerintah. Syarat-syarat yang diberlakukan dalam proses negosiasi tersebut berkaitan dengan permasalahan mengenai parental control, take down policy, serta pemberdayaan produsen konten lokal.

Pada saat ini Netflix dinilai banyak melakukan perubahan positif yang menjadikan pertimbangan Telkom Group dalam melakukan kerjasama bagi keduanya. Berkaitan dengan parental control yang mana Netflix telah memperluas opsi kendali orang tua tersebut ke bagian umum dan portal yang secara khusus dirancang untuk anak-anak, sehingga dapat lebih terkontrol untuk tayangan bagi anak-anak dan dewasa.

Selain itu, Netflix sudah lebih banyak bekerjasama dengan konten lokal sebagai salah satu bagian untuk mendorong konten lokal di negara tempatnya beroperasi. Take down policy yang diterapkan sekarang pun jauh lebih baik daripada dulu. Netflix akan menanyakan pelanggan yang tidak aktif untuk mempertahankan keanggotaannya. Pengguna yang sudah tidak aktif menggunakan Netflix dalam kurun waktu satu atau dua bulan akan mendapatkan email atau notifikasi dalam aplikasi.

VP Corporate Communication Telkom Indonesia Arif Prabowo menyebutkan Telkom Group selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak demi menyajikan konten yang berkualitas, asalkan pihak mitra setuju memenuhi aturan yang berlaku. Hingga saat ini pihak Telkom masih terus melakukan komunikasi untuk sesegera mungkin mematuhi peraturan yang berlaku, sehingga kemitraan akan segera terlaksana.

Pertanyaan terkait dengan kapan Telkom akan memberikan akses tersebut masih belum mendapatkan tanggal yang pasti dari pihak Telkom. Setya mengatakan bahwa hal tersebut akan segera terlaksana dalam hitungan minggu.

Netflix sendiri selama pandemi Covid-19 mendapat lonjakan pelanggan baru, yaitu sebanyak 15,8 juta selama tiga bulan pertama tahun ini. Dengan demikian jika dihitung secara keseluruhan sebanyak 182,9 juta pelanggan berbayar di triwulan I tahun 2020.



Penulis: Sitta Fauziah

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

16 views1 comment

Recent Posts

See All
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com