• kompressupj

5 Rekomendasi Akun Instagram yang Bisa Meningkatkan Minat Literasi Kamu!


Sumber foto : ahli.wordpress.com



Menurut Elizahbeth Sulzby dalam sevima.com literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak dan menulis” dengan cara berbeda sesuai dengan tujuannya. Jika didefinisikan secara singkat, definisi literasi yaitu kemampuan menulis dan membaca.


Seiring berkembangnya zaman di Indonesia, ternyata masih banyak masyarakat yang minat literasinya rendah. Padahal kita sama-sama mengetahui betapa pentingnya tingkat literasi pada zaman yang semakin maju ini.


Dengan melakukan literasi dapat membuka lebih luas terhadap pandangan kita, tingginya minat literasi juga meningkatkan sumber daya kita sebagai manusia menjadi berkualitas. Jadi, kita perlu meningkatkan minat literasi agar menjadi manusia yang berkualitas.


Berikut ini adalah rekomendasi lima akun Instagram untuk meningkatkan daya minat literasi agar menciptakan generasi muda yang cerdas, kritis, kreatif, dan inovatif.

1. Berdikaribook


Awalnya dibentuk sebagai perantara antara pembeli buku dengan toko buku di Jogja. kemudian bertransformasi menjadi salah satu toko buku online terbesar dan terlaris. Selain menjual buku secara online, Berdikari juga mempunyai "rumah Berdikari" yang di dalamnya menjual buku, kopi, dan aksesoris buatan berdikari secara offline.


Di rumah berdikari terdapat perpustakaan dan forum diskusi yang terbuka untuk umum. Dilihat dari akun instagram, Berdikari sangat aktif dan interaktif dengan para followers nya. Selain menjual buku, mereka juga sering memposting berbagai isu terhangat, quotes dan review buku dengan ilustrasi yang menarik untuk dibaca.

2. Buku Akik


Hampir sama dengan Berdikaribook, Buku Akik juga menjual buku-buku secara online walaupun tetap mereka punya toko offline juga. Akun instagram Buku Akik menawarkan berbagai kebutuhan yang perlu dibaca, didiskusikan, diingat dan dibeli untuk para pengikut setianya.


"Perbedaan kita dengan Berdikaribook adalah kita tidak menjual buku mein kemf, kita anti fasis" pungkas pendiri Buku Akik di salah satu podcast. Nama Buku Akik sendiri ditujukan agar kita bisa lebih memuliakan buku sama seperti halnya memuliakan batu akik, maka dari itu slogan yang mereka pakai adalah "Sebab buku lebih mulia daripada batu" .


3. Mojokdotco


Pernah dengar nama situs atau akun ini? Kalau belom coba follow dulu ya! Mojokdotco salah satu media berita yang cukup keren untuk anak muda saat ini, berisi konten-konten yang unik, menarik, nakal, lucu tapi tetap informatif.


Kontennya juga anti mainstream dan sangat relate sama kehidupan anak muda zaman sekarang. Sesuai tujuan, awal terbentuknya hanya untuk bersenang-senang namun tetap memberi manfaat. Selain membuat artikel, Mojok juga menjadi penerbit buku dan membuat konten podcast. Salah satu judul artikelnya yaitu Politisi Konoha: Bersih, Merakyat, dan Kerja Nyata, tapi Budek Juga; Budaya 'Indie-indie Eksklusif' Nyebelin yang Harus Dibuang; Ironi Orang Indonesia, Beropini Pakai Akun Palsu. Bagaimana menarik bukan?


4. Greenpeace.id


Greenpeace adalah suatu organisasi internasional, berjuang demi masa depan Bumi yang hijau juga damai dengan berkampanye untuk mengubah perilaku dan beraksi kreatif tanpa kekerasan. Didirikan pada tahun 1971 di Vancouver, British Columbia, Kanada. Mempunyai kantor regional dan nasional pada 41 negara-negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.


Dalam akun Instagramnya Greenpeace.id gemar mengangkat isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan, seperti pemanasan global, rekayasa genetika, masalah-masalah kehutanan, energi, air dan kelautan. Cocok bagi teman-teman yang concern pada masalah-masalah lingkungan. Berkat berbagai kampanyenya, Greenpeace sudah banyak melakukan suatu perubahan positif untuk lingkungan dunia dan juga Indonesia tentunya.


5. Tirto.id


Tirto.id adalah sebuah situs berita, artikel, opini, dan infografik di Indonesia. Pertama kali tayang pada Februari 2016 dan diresmikan pada 3 Agustus 2016. Infografik yang ditampilkan tirto.id merupakan salah satu yang terbaik di bidangnya. Selain menarik, penuh warna, dan nyaman dibaca.


Platform berita ini juga sangat informatif serta berani dalam mengangkat berita-berita yang sedang hangat dengan judul agak "nakal". Tak heran tirto.id sempat beberapa kali tersandung kasus akibat berita yang diangkatnya. Disamping beberapa kasus tersebut, tirto.id mempunyai segudang prestasi salah satunya sebagai Media Siber Terinovatif dari Persatuan Wartawan Indonesia tahun 2017.



Jadi kita sudah sama-sama tahu betapa pentingnya meningkatkan kemampuan untuk dapat menjadi manusia yang berkualitas. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini sangat memungkinkan kita mendapatkan sebuah informasi atau pengetahuan baru dari berbagai media di internet.


Pentingnya mengembangkan literasi sangat berpengaruh bagi kualitas bangsa Indonesia, jadi tunggu apa lagi? mari meningkatkan literasi agar kita dapat menjadi pribadi yang unggul serta mampu memahami pengetahuan agar bisa bertahan dan bersaing baik di dalam negeri maupun di luar negeri.



Penulis : Andhika Muhamad Fauzan, Elliot Sharot Putra Ginabean Siahaan,

Dimas hadiyanto, Tubagus Untung

Editor : Ridha Lutfia

Approved by : Naurissa Biasini

0 views0 comments

Recent Posts

See All